OS Pilihan Edward Snowden Terima Update Software

Telset.id – Saat ini banyak sistem operasi yang mengabaikan kenyamanan atau privasi penggunanya dengan aneka sisipan iklan atau faktor keamanan lain. Meski begitu, masih ada sedikit OS yang sangat aman, bahkan jadi pilihan Edward Snowden, pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat (AS) yang terkenal.

Mau tahu OS pilihan Edward Snowden? Pria yang menjadi buruan badan intelijen AS ini memilih OS berbasis Linux bernama Tails. OS ini memiliki aplikasi terenkripsi seperti email dan client messaging, browser web dan tentu saja jaringan anonim Tor.

Nah, para pencipta OS open source ini merilis versi Tails 2.0 dengan user interface (UI) baru dan banyak perbaikan keamanan lain. Update ini menggunakan Gnome modern yang lebih sederhana, dan aktif pada desktop.

Pada saat yang sama, Tails 2.0 mempertahankan aplikasi, penempatan menu dan window list di depan dan tengah. Untuk memperbaiki bug keamanan dan melakukan perubahan browser Tor, tim Tails membuat layanan ini lebih susah dieksploitasi.

Selain itu, tim Tails juga mengembangkan fitur mematikan dan menghapus memori, serta membersihkan kode dengan mengganti skrip biasa dan mengganti sistem email dengan icedove, offshoot dari Mozilla Thunderbird.

Nah, jika Anda pengguna Tails OS, sekarang versi baru Tails 2.0 bisa diunduh. Anda dianjurkan segera mengupdate ke versi Tails 2.0, karena menurut pengembang Tails, versi sebelumnya memiliki banyak lubang keamanan.[AI/HBS]