telset

Bocoran Ungkap Nokia A1, Smartphone Android Mid-Range

Telset.id, Jakarta – Sudah cukup lama brand Nokia tenggelam di bisnis ponsel. Namun dengan akan berakhirnya perjanjian dengan Microsoft di tahun ini, Nokia dilaporkan akan kembali menelorkan smartphone pertamanya di tahun 2016. Benarkah?

Menjelang akhir 2014 lalu, Nokia mengumumkan tablet Android pertamanya, Nokia N1. Namun saat meluncurkan tablet itu, Nokia hanya sebagai pemilik lisensi Z launcher dan desain N1, sementara Foxconn sebagai manufaktur yang memproduksi tablet tersebut.

Meskipun demikian, banyak bertanya-tanya apakah Nokia akan segera kembali berkiprah di pasar smartphone, setelah perjanjiannya dengan Microsoft berakhir? Tahun lalu sempat muncul bocoran gambar yang diklaim sebagai smartphone Nokia, namun akhirnya terbukti itu hanyalah hoax alias gambar palsu.

Namun tahun 2016 bisa menjadi tahun Nokia kembali ke pasar smartphone. Ya, menurut sebuah bocoran foto terbaru yang disebutkan berasal dari sumber terpercaya, mengindikasikan Nokia benar-benar tengah bersiap untuk kembali bersaing dengan perangkat barunya.

Kabarnya smartphone baru Nokia ini akan diberi nama Nokia A1. Menurut sumber di Android Authority, smartphone ini kemungkinan akan diungkap pada musim panas 2016. Jika Anda lihat pada gambar, desain Nokia A1 tidak ada kemiripan dengan smartphone Nokia yang dibuat Microsoft. Tidak mengherankan, karena pemegang lisensi desain Nokia Lumia adalah Microsoft.

Smartphone Nokia A1 nampak sebagai perangkat Android kelas menengah dengan tombol depan kapasitif dengan bodi yang terbuat dari polycarbonate atau material plastik.

Namun smartphone ini tidak memiliki tampilan khas Android. Smartphone pertama Nokia saat comeback ini akan berjalan menggunakan Nokia Z Launcher yang akan dilapisi Android 6.0 Marshmallow.

Bagaimana dengan spesifikasinya? Sumber Android Authority tidak menyebutkan spesifikasi Nokia A1 secara rinci, namun hanya mengungkap bahwa smartphone ini akan hadir dengan layar FHD 5,5-inci dan ditenagai chip Snapdragon 652.

Keputusan Nokia yang akan masuk ke segmen kelas menengah dinilai tepat, karena persaingan di segmen menengah bawah tidak seketat segmen high-end. Dengan begitu, segmen menengah akan menjadi pintu masuk paling aman bagi Nokia yang berharap dapat membuat gebrakan di pasar Android setelah lama absen di pasar smartphone.

Kabarnya Nokia A1 akan memulai debutnya di pasar Tiongkok. Namun semua ini masih sebatas rumor, karena Nokia sendiri hingga sekarang belum memberikan konfirmasi tentang kebenaran dari rumor tersebut. Perusahaan asal Finlandia itu hanya memastikan akan kembali ke pasar smartphone, namun kapan waktunya masih belum diketahui. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0