Bisnis Smartphone Apple Paling Untung

iPhone 6 Apple StoreJAKARTA – Bisnis smartphone Apple semakin menggurita setelah meraup keuntungan dari penjualan produk-produk inovatifnya. Menurut laporan terbaru yang dirilis Canaccord Genuity, keuntungan Apple meningkat menjadi 94% di kuartal ketiga 2015.

Dengan begitu, keuntungan yang dicatat Apple di tahun ini naik sebesar 9% dibanding periode yang sama tahun lalu, yaitu 85%, atau naik 2% dibanding kuartal sebelumnya dengan meraih 92%.

Padahal jika dilihat sebenarnya kontribusi Apple terhadap total penjualan smartphone di seluruh dunia hanya 14,5% atau sebanyak 48 juta unit selama kuartal ketiga tahun 2015.

Dan perlu diketahui juga, bahwa harga jual rata-rata iPhone pada kuartal ketiga ini cukup mahal, yakni USD 670 atau sekitar Rp 9,3 jutaan dengan margin operasi sebesar 37%.

Profit share smartphone Q3 2015

Meski Apple mencatat hasil positif, namun Samsung masih menjadi penguasa pasar smartphone. Perusahaan asal Korea Selatan ini berada diposisi puncak dengan berhasil mengapalkan total 81 juta unit atau 24,5% di kuartal ketiga.

Menariknya, meski secara market share Samsung masih yang teratas, namun soal keuntungan Samsung harus puas di posisi kedua karena hanya mampu membukukan keuntungan sebesar 11% dari total penjualan smartphone. Harga jual rata-rata ponsel dari Samsung hanya USD 180 atau Rp 2,4 jutaan pada di kuartal ketiga ini.

Jika digabungkan keuntungan Apple dan Samsung sudah melebihi 100%, hal ini akibat kurugian yang diderita oleh pemain besar lainnya, termasuk HTC, BlackBerry, Sony, dan Lenovo.

Vendor-vendor tersebut tidak mampu bersaing di pasar smartphone segmen kelas atas, yaitu smartphone dengan harga USD 400 atauRp  5,4 juta ke atas.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI