Bikin Search Engine Sendiri, Apple Depak Google Search?

Google Search Mobile vs DesktopJAKARTA – Meski Apple banyak menciptakan inovasi teknologi canggih pada produk-produknya, namun untuk beberapa bidang Apple harus mengakui keunggulan Google. Seperti misalnya Search Engine dan juga Maps. Tapi bukan Apple namanya kalau tidak berinovasi. Raksasa dari Cupertino ini dikabarkan telah menyiapkan Search Engine sendiri. Inikah tanda-tanda Apple akan mendepak Google Search?

Apple kini memang telah memiliki layanan pemetaan sendiri, Apple Maps. Meski pada awal kemunculannya aplikasi pemetaan ini menjadi bulan-bulanan cemohan dari pengguna dan juga pesaingnya, karena ternyata Apple sudah tahu Maps cacat sebelum diluncurkan saat mengumumkan iOS 6 pada tahun 2012 lalu.

Apple memang saat itu ingin menggusur Google Maps dan menggantikannya dengan layanan pemetaan buatannya sendiri. Namun ternyata aplikasi Maps tersebut masih jauh dari kata siap, dan buruknya kualitas Apple Maps menjadi bahan cemohan.

Kejadian cukup memalukan itu akhirnya memaksa CEO Apple, Tim Cook mengakui perusahaannya telah gagal membuat aplikasi pemetaan dengan baik, dan meminta maaf atas kekurangan tersebut. Tak ingin terus-terusan ‘di-bully’, Apple memperbaiki tampilan Apple Maps.

Kejadian itu sepertinya tidak menyurutkan semangat Apple untuk mengejar ketertinggalannya dari Google pada beberapa bidang. Urusan Maps telah selesai, kini Apple telah mendepak Google Maps, dan menggantikannya dengan Apple Maps. Namun, rencana Apple belum selesai, karena kini mereka tengah mengincar Google Search untuk digusur.

Hal ini diketahui dari hasil temuan terbaru The Next Web yang melihat tanda-tanda Apple sedang bersiap-siap untuk segera berpisah dari Google Search. Hal tersebut terungkap dari munculnya sebuah halaman baru di website resmi Apple yang menjelaskan dukungan untuk Applebot, Web crawler pertama Apple.

Crawler sendiri adalah sebuah bot yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google dan Bing, yang secara otomatis memindai Web untuk mencari halaman dan informasi yang ditambahkan ke indeks dan memberikan informasi bila halaman web berubah.

Munculnya Crawler Apple mengindikasikan bahwa Apple saat ini tengah serius untuk mengembangkan layanan pencarian di web secara penuh di masa mendatang. Apple sendiri saat ini mengaku bawah Appleboot yang mereka gunakan hanya sebatas untuk menambah data seperti informasi tentang film-film baru ke database Siri dan Spotlight.

Seperti dilansir telsetNews dari The Next Web, Jumat (8/5/2015), melihat gelagat ini, maka kemungkinan Apple akan mendepak Google Search sebagai mesin pencari secara default di iOS versi mendatang. Selanjutnya Apple akan menggunakan mesin pencarian sendiri. Yup, mungkin tak lama lagi kita akan melihat kehadiran iSearch. Kita tunggu saja.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here