Berwujud Burung Hantu, Robot Ini Bisa Bikin Anak Gemar Membaca

Telset.id, Jakarta – Banyak orangtua khawatir, karena anak mereka lebih memilih bermain dengan ponsel atau tablet dibandingkan membaca buku. Padahal, buku merupakan jendela dunia. Untuk menjawab tantangan tersebut, sebuah robot baca, yang digadang-gadang akan membuat anak anda menjauhi gadget dan kembali ke buku pun diperkenalkan.

Robot pintar berbentuk burung hantu yang menggemaskan ini diluncurkan di ajang CES 2019.

Dilaporkan Mirror.co.uk, robot ini dapat membaca banyak pilihan buku bergambar untuk anak. Tujuan utamanya menjauhkan anak anda dari perangkat seluler.

Robot ini diproduksi oleh sebuah perusahaan AI start-up bernama Ling Technology dan diklaim dapat membantu membuat anak-anak gemar membaca.

Diberi nama Luka, robot baca Burung Hantu ini dapat membacakan buku bagi anak-anak dengan menggunakan beberapa kamera dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Luka diperuntukan bagi anak yang masih berusia antara dua hingga delapan tahun, yang belum dapat membaca buku sendiri.

{Baca juga: Di Masa Depan, Robot Anjing jadi “Tukang Antar Paket”}

Ada tiga versi berbeda dari robot baca ini. Luka, model standar dapat membaca buku bergambar di depannya. Perusahaan mengatakan,  pengguna tidak perlu buku khusus, tetapi cukup dengan database berisi cerita populer yang dapat dikenali robot burung hantu ini.

Sedangkan untuk versi lainnya, Luka Hero memiliki beberapa fitur AI tambahan yang unik dan dapat mengikuti kata-kata yang ditunjukan anak di setiap halaman.

Manfaat dari robot kecil ini adalah bisa hadir kapan saja, ketika anak sedang ingin dibacakan buku. Seorang anak terkadang lebih memilih membaca, daripada bermain dengan mainannya atau ketika orangtua mereka sibuk.

Fitur yang mengesankan dari robot ini adalah kemampuannya menirukan suara orangtua anak ketika membacakan buku. Tentunya ini akan sangat membantu bagi orangtua yang kadang-kadang bekerja lembur dan tidak memiliki waktu untuk anaknya.

{Baca juga: Samsung Ingin Ciptakan Robot untuk Bantu Lansia, Seperti Apa?}

Robot ini juga memiliki berbagai pilihan bahasa dan aksen, sehingga anak-anak memahami isi buku yang dibacakan sesuai bahasa yang digunakan sehari-hari.

Selain itu, juga tersedia koleksi buku  yang direkomendasikan oleh aplikasi pendamping. Misalnya apabila si anak  menyukai buku berjudul ‘Burung Hantu yang Takut Gelap’, maka sistem ini dapat menemukan buku sejenis yang mungkin disukai. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here