Belum Dirilis, iOS 10 Sudah di Jailbreak

Telset.id, Jakarta – MOSEC Security Conference selalu menghadirkan kejutan. Tahun ini, ajang ‘pesta’ para hacker ini memperlihatkan jailbreak tool yang berhasil membobol sistem iOS 10 yang sejatinya belum dirilis secara resmi oleh Apple.

Ajang MOSEC Security Conference baru saja digelar di Shanghai pada Sabtu (2/7/2016) lalu. Salah satu yang paling menyedot perhatian adalah saat tim Pangu mendemonstrasikan jailbreak tool yang mampu membobol sistem iOS 10 beta.

Demontrasi yang ditunjukkan Pangu tersebut menarik karena iOS 10 sendiri sebenarnya belum resmi resmi dirilis untuk publik. Apple hanya memberikan iOS 10 beta kepada developer terpilih untuk mencobanya, agar dapat menemukan bug atau celah keamanan yang nantinya akan ditambal oleh Apple.

Namun yang ikut nimbrung mencoba iOS 10 beta ternyata tak hanya para developer, tapi juga para security expert atau yang lebih populer disebut hacker. Tapi berbeda dengan developer, para hacker ini justru memanfaatkan iOS 10 beta untuk menciptakan jailbreak tool.

Dalam event MOSEC Security Conference  yang berlangsung di Shanghai tersebut, tim Pangu mendemontrasikan iPhone 6 dan iPhone 6s yang berhasil dijalankan oleh jailbroken iOS 10 beta.

Nama Pangu memang sudah tak asing lagi bagi pengguna iOS yang sering atau pernah melakukan jailbreak iOS. Bahkan dalam beberapa perilisan terakhir iOS, Pangu adalah satu-satunya tool yang mampu jailbreak iOS.

Dan jika melihat demo yang dipamerkan Pangu tersebut, maka nampaknya tool ini juga akan menjadi yang pertama yang berhasil jailbreak iOS 10 saat Apple akan merilisnya secara resmi ke publik.

Namun harap diketahui, mengingat iOS 10 masih dalam versi beta, maka tidak dapat dipastikan jailbroken iOS 10 yang dipamerkan tim Pangu akan tetap bisa berjalan dalam iOS 10 versi final. Pasalnya, Apple tentunya tak akan tinggal diam untuk menambal celah yang berhasil dibobol Pangu.

Selain mendomokan jaikbreak iOS 10 beta, tim Pangu juga menanggapi pertanyaan dari peserta MOSEC terkait jailbreak di iOS 9.3.2 yang merupakan versi publik terbaru. Menurut kabar yang beredar, Pangu berencana untuk merilis jailbreak iOS 9.3.2 tersebut dalam waktu dekat.

Pihak Pangu sendiri belum memberikan konfirmasi soal rumor tersebut, namun menurut sebuah sumber, Pangu saat ini sedang berfokus untuk jailbreak iOS 9.3.3 beta. Pangu mengklaim telah memiliki tool untuk jailbreak iOS 9.3.3 yang saat ini sedang dalam pengujian. Pengguna Apple juga dapat mencoba tool jailbreak Pangu untuk iOS 9.3.3 developer beta versi 1 dan 2.

Seperti diketahui, Apple telah meningkatkan keamanan iOS. Peningkatan fitur tersebut mengakibatkan iDevices makin sukar di-jailbreak. Hingga saat ini belum ada tool jailbreak iOS 9.3.2 yang tersedia untuk publik, walaupun ada beberapa pihak yang mengklaim telah bisa melakukannya. [HBS]

 

Source9to5mac

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI