Ketersediaan Ponsel 5G Disebut Qualcomm Tinggal Tunggu Waktu

Telset.id, Jakarta – Era jaringan 5G segera hadir. Dalam sebuah wawancara, Qualcomm mengungkapkan bahwa mitra bisnisnya segera menghadirkan ponsel berjaringan 5G pada akhir tahun ini. Utamanya ke beberapa negara potensial. Nah, siapa saja mitra bisnis Qualcomm itu?

Bukan satu atau dua, tapi beberapa rekanan Qualcomm disebut siap meluncurkan ponsel berjaringan 5G pada pengujung 2018. Hal tersebut disampaikan oleh Senior Vice President of Engineering Qualcomm, Durga Prasad Malladi, dilansir dari Gizmochina.

“Beberapa mitra mengaku menyiapkan perangkat 5G untuk 2018, beberapa lagi pada awal 2019. Soal pemasaran, tergantung wilayahnya. Yang pasti, pasar yang disasar sudah siap secara infrastruktur dalam mendukung jaringan termutakhir 5G,” urai Malladi.

Menurutnya, langkah itu diambil lantaran sejumlah operator di beberapa negara sudah menyatakan siap untuk menggelar jaringan 5G pada akhir 2018 hingga awal 2019. Meski demikian, beberapa operator tersebut menjalankan jaringan 5G dengan kecepatan bervariasi alis tidak seragam.

“Para operator bisa menjalankan jaringan 5G dengan kecepatan mulai 1GB hingga 4,5GB per detik. Semua tergantung pita frekuensi yang digunakan. Yang jelas, dari sisi kelengkapan sarana dan prasarana tak ada masalah. Hanya butuh pengembangan di beberapa bagian,” imbuhnya.

Malladi melihat bahwa penerapan jaringan 5G akan mendorong kenaikan permintaan terhadap perangkat yang mengonsumsi data dalam volume besar. Bukan ponsel, tetapi perangkat semacam tablet atau laptop yang bisa terkoneksi dan berspesifikasi mendukung.

Sejak awal tahun lalu, gaung mengenai implementasi jaringan 5G memang sudah nyaring terdengar. Amerika Serikat dan China diramal bakal menjadi dua pemain utama di sektor layanan tersebut. Namun, soal perangkat, Korea Selatan juga punya potensi besar lewat produk unggulannya, Samsung. [SN/IF]

Source Link

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here