BBM Punya 85 Juta Pengguna Aktif Per Bulan, 35 Juta dari Android & iOS

Pengguna BBM

Jakarta – Keputusan BlackBerry untuk memboyong aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) ke Android dan iOS akhirnya menuai hasil yang menggembirakan. Jumlah pengguna BBM dilaporkan terdongkrak naik, dengan jumlah pengguna aktif mencapai 85 juta per bulannya.

Meski tengah terpuruk dari sisi penjualan handset, namun nama besar BBM sebagai aplikasi messaging andalan BlackBerry sebenarnya belum pudar. Hal itu terbukti dengan masih eksisnya BBM saat ini meskipun digempur oleh berbagai layanan instant messaging baru, seperti WhatsApp, WeChat, dll.

Maka tak heran jika BlackBerry cukup pede memboyong BBM ke pengguna dengan platform lain, yakni Android dan iOS. BBM multi platform yang resmi diluncurkan pada awal 2013 lalu itu terbukti ampuh untuk mendongkrak jumlah pengguna BBM.

Saat mengumumkan laporan keuangan kemarin, CEO BlackBerry John Chen mengungkapkan bahwa saat ini BBM telah memiliki 160 juta pengguna yang terdaftar di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, 85 juta diantaranya adalah pengguna aktif per bulan, dimana 50 juta pengguna mengakses dari perangkat BlackBerry, sementara sisanya 35 juta berasal dari pengguna Android dan iOS.

Menurut Chen, seperti yang telsetNews kutip dari Ubergizmo, Kamis (19/6/2014), jumlah pengguna aktif BBM itu diperkirakan akan meningkat hingga 100 juta pengguna saat BBM akan hadir di Windows Phone pada bulan Juli nanti.

Angka-angka yang dipaparkan Chen tadi sebenarnya cukup mengesankan, namun ada sedikit yang membingungkan. Yaitu, mengapa dari total jumlah pengguna yang terdaftar (160 juta), hanya setengah yang aktif (85 juta).

Bandingkan dengan aplikasi messaging lain seperti WhatsApp yang memiliki 500 juta pengguna aktif, atau WeChat yang beberapa bulan lalu dilaporkan memiliki 355 juta pengguna aktif dengan 1 juta pendaftar per hari. Jumlahnya mungkin sekarang sudah bertambah, karena angka tersebut adalah laporan dua bulan lalu.

Jika melihat kenyataan tersebut, apakah bisa diartikan bahwa saat ini masih banyak pengguna yang belum menjadikan BBM sebagai aplikasi messaging utama mereka. Kalau begitu, BBM masih memiliki jalan yang panjang untuk bisa menguber WhatsApp dkk. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0