Bank Ini Gunakan ‘Suara’ Sebagai Password Anda

DYA0N2JAKARTA – Tidak ada yang lebih memusingkan selain dari mengingat nomor pin atau password. Apalagi jika jumlah yang harus dihapal tidaklah sedikit. Perbankan online biasanya menjadi latihan untuk mengasah kemampuan dalam mengingat nomor pin atau password yang rumit. Kecuali, ada cara lain di sana. Katakan saja, yang lebih mudah.

Di Belanda, bank ING Netherlands memiliki sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda mengganti password yang rumit dengan suara.

Dengan menggunakan aplikasi ini, seperti dilaporkan Engadget, Rabu (29/7/2015), nasabah bank tersebut kini bisa mengakses rekening, memeriksa saldo dan melakukan transfer hanya dengan menggunakan suara. Jadi tidak perlu lagi repot-repot mengingat pin atau password.

Teknologi ini disebut biometrik suara, dan didukung sepenuhnya oleh asisten pribadi sejenis Siri, Nina dari Nuance. Saat diperkenalkan beberapa tahun yang lalu, teknologi ini menawarkan alternatif yang cukup menarik untuk mengingat kode pin.

Sebuah video untuk fitur ini ditunjukkan sejumlah orang hanya dengan mengatakan “suara saya adalah kata sandi saya” ketika mereka memeriksa saldo banknya dan membeli tiket konser.

Nuance mengklaim, teknologi ini tidak hanya lebih nyaman, tetapi juga lebih aman: pengenalan suara tidak rentan terhadap serangan brutal dan usaha yang gagal untuk menipu sistem dapat direkam, disimpan dan digunakan untuk meningkatkan keamanan.

Aplikasi ING Netherlands kini sudah bisa diunduh baik di Android maupun iOS. Perlu dicatat bahwa perangkat yang kompatibel juga akan dapat menggunakan pengenalan sidik jari, sebagai gantinya. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI