Awas! Selfie Instagram Bisa Diputusin Pacar

Telset.id – Memposting potret selfie diri sendiri di Instagram sepertinya menyenangkan dan tidak berbahaya. Tapi berdasarkan sebuah studi terbaru, kegiatan tersebut ternyata memiliki efek yang negatif pada hubungan persahabatan atau bahkan bisa membuat hubungan asmara putus.

Studi terbaru dari Florida State University menemukan bahwa semakin banyak selfie yang diposting seseorang di Instagram, mengindikasikan dia sedang mengalami konflik asmara atau mengalami putus cinta.

Dua penulis studi ini, Jessica Ridgway dan Russell Clayton berupaya menemukan konsekuensi akibat posting selfie di Instagram. Clayton mengatakan, mereka tidak bisa secara langsung mengasumsikan atau melihat efek langsung korelasi dari studi ini.

Tapi hasil studi menyatakan, kepuasan akan gambaran tubuh bisa berpengaruh buruk ke persahabatan pengguna yang mengarah ke asmara. Terutama ketika gambaran kepuasan tersebut dipromosikan dalam bentuk posting selfie di Instagram.

Dikutip dari The Times of India, Studi ini menambah hasil kajian mengenai tubuh, yang sebelumnya sudah diterapkan pada penggunaan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter.

Studi ini mengambil 420 pengguna Instagram dengan rentang usia 18-62 tahun. Hasil studi ini dipublikasikan di jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.

Hasil studi memperlihatkan, mereka yang suka posting selfie sangat puas dengan gambaran tubuh mereka, atau mereka merasa terlihat bagus sehingga terus menerus memposting selfie.

Untuk mengurangi dampak buruk pelaku selfie di Instagram, Ridgway  dan Clayton menyarankan mereka untuk mengurangi kegiatan memposting selfie di Instagram, terutama bagi mereka yang sedang mengalami kegiatan berteman yang mengarah ke hubungan asmara. [AI/HBS]

Artikel Awas! Selfie Instagram Bisa Diputusin Pacar dikutip dari Telset.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -