telset
spot_img

Awas! Hacker Bisa Bobol Windows 10 Lewat Cortana

Telset.id, Jakarta – Windows 10 ternyata memiliki lubang keamanan cukup besar yang dimungkinkan akan dimanfaatkan para hacker. Lubang keamanan itu sendiri terdapat pada Cortana, asisten pribadi berbasis Artificial Intelligence yang dapat diperintah melalui suara.

Lewat lubang keamanan tersebut, hacker dapat mengakses sebuah situs lewat Cortana, meski PC atau laptop mereka masih dalam keadaan terkunci. Terlihat pada video demo, seorang pengguna memberikan perintah suara kepada Cortana untuk mengakses situs tertentu.

Kemudian, setelah memberikan perintah kepada Cortana, pengguna itu langsung membuka kunci laptopnya. Ketika terbuka, laptop ternyata telah mengakses halaman situs yang diperintahkan sebelumnya.

[Baca juga: Soal Musik, Cortana Tak Sepintar Google Assistant]

Dilansir dari The Next Web, itu artinya siapapun yang tidak mengetahui password PC atau laptop Windows 10, masih bisa berbuat jahat dengan mengatakan “Hey Cortana”.

Dengan cara itu, hacker bisa memerintahkan untuk mengakses situs-situs yang mungkin membahayakan yang secara otomatis akan men-download file berisi malware yang berbahaya.

Bahkan jika dimungkinkan, seseorang yang tak bertanggung jawab akan membuat PC atau laptop korbannya untuk mengakses situs yang berpotensi akan meretas prosesor dan menjadikannya sebagai alat tambang mata uang digital.

Tapi untungnya, lubang keamanan ini sendiri hanya bisa dieksploitasi ketika perangkat Windows 10 terhubung ke internet dan juga telah mengaktifkan fitur “Hey Cortana”. Namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mewaspadai lubang keamanan ini. (FHP/HBS)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0