Awas! Ada Mata-mata di Perangkat Android Anda

Malware di Android deviceJAKARTA – Menurut firma keamanan software AVG, sistem operasi Android mengandung malware yang tergolong unik fiturnya. Malware ini bisa memata-matai pengguna Android, bahkan ketika perangkat dalam keadaan dimatikan.

Malware ini meniru screen shutdown. Jadi perangkat seolah-olah mati. Padahal masih dalam keadaan menyala. Menurut AVG Mobile Malware Research Team, malware ini sengaja melakukan pembajakan proses shutting down di device.

Jadi setiap kali pengguna menekan tombol power off, perangkat tidak akan mati. Setelah pengguna menekan tombol power, akan terlihat animasi shutdown yang sebenarnya, lalu device terlihat mati. Tetapi sebenarnya device masih menyala.

Seperti dilaporkan Betanews, Jumat (20/2/2015), device yang terlihat mati tersebut selanjutnya bisa melakukan banyak hal. Misalnya, melakukan panggilan keluar, mengambil gambar, serta aktivitas lain selama waktu “mati’ tersebut.

AVG saat ini hanya bisa mendeteksi adanya malware ini, tapi AVG tidak memiliki “obat” khusus untuk memusnahkan malware unik tersebut. AVG hanya menyarankan pengguna Android mematikan device-nya secara benar dengan mencabut baterai.[AI/HBS]

SourceBetanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI