Awas! Jejaring Sosial Populer Jadi Target Spammer

Telset.id – Para spammer ternyata menggunakan database di jejaring sosial untuk mendapatkan nomor telepon pengguna. Tidak heran jika Anda terus menerus mendapatkan SMS spam atau pesan phising di ponsel Anda. Para dedemit dunia maya itu meretas jejaring sosial Anda dengan menggunakan software khusus.

Seperti dikutip dari keterangan Kaspersky Lab, para pakar keamanan informasi selama bertahun-tahun mengingatkan bahwa penjahat dunia maya dapat menggunakan informasi apapun tentang diri Anda yang dipublikasikan pada jejaring sosial.

Namun, sejumlah besar pengguna tetap tidak menghiraukan peringatan itu dan terus saja berbagi berita dan sejumlah besar informasi pribadi ke pihak lain.

Hal ini dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak menyenangkan dan bahkan tak terduga bagi Anda di kemudian hari. Ruslan Stoyanov selaku Head of Investigation Unit, Kaspersky Lab memberikan salah satu contoh kegiatan terbaru dari tim investigasi kejahatan siber di Kaspersky Lab.

Dari hasil investigasinya, Kaspersky Lab menghentikan kegiatan geng kecil penjahat siber Rusia yang mengkhususkan diri dalam penyebaran malware Android dan mencuri uang dari rekening perbankan online. Yang menarik, tidak satupun anggota di geng penjahat cyber ini yang merupakan seorang programmer profesional.

Salah satu alat yang mereka gunakan yang dikhususkan untuk kepentingan tertentu adalah program parser yang mengumpulkan nomor ponsel dari profil publik di jejaring sosial populer di Rusia, VKontakte.

Dengan bantuan alat ini, para penjahat dunia maya ini membuat database nomor ponsel yang kemudian mereka gunakan untuk mengirimkan pesan berbahaya.

Aksi kejahatan yang paling jelas adalah data yang dikumpulkan tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan spam (termasuk iklan dan spam berbahaya), mencuri uang melalui layanan SMS premium, dan menciptakan kartu SIM palsu.

“Tidak hanya di Rusia, negara-negara paling berisiko termasuk negara dimana yang lazim menggunakan telepon pra-bayar serta berbagai layanan SMS populer, termasuk yang memungkinkan kartu bank beroperasi melalui SMS,” tulis laporan Kaspersky.

Apa yang harus dilakukan? Kaspersky menyarankan agar pengguna jejaring sosial memberikan informasi seminimal mungkin mengenai informasi tentang diri mereka sendiri di jejaring sosial. Khususnya, tidak mempublikasikan nomor ponsel Anda, atau menghapusnya jika Anda sudah posting.

Hal ini tentu saja tidak akan sepenuhnya menghilangkan aksi penjahat siber yang mencuri informasi pribadi pengguna dari jejaring sosial, tapi setidaknya hal itu mencegah cara termudah bagi penjahat siber untuk mencuri uang Anda.

Jika Anda atau keluarga dan teman-teman Anda menggunakan layanan mobile banking, Anda juga harus menerapkan langkah-langkah keamanan dasar berikut. Pertama, blok instalasi aplikasi dari pihak ketiga pada perangkat Android yang Anda gunakan untuk melakukan mobile banking.

Kedua, menetapkan batas penarikan untuk rekening bank Anda. Lalu membatasi atau menonaktifkan pengiriman pesan teks ke nomor premium-rate. Dan Ketiga, menggunakan solusi keamanan yang handal yang mampu melindungi perangkat Anda dari infeksi.[AI/HBS]

 

Artikel Awas! Jejaring Sosial Populer Jadi Target Spammer dikutip dari Telset.