Awas! Banyak Beredar MicroSD Palsu

Telset.id – MicroSD merupakan penemuan hebat di abad ini. Benda dengan ukuran tidak lebih besar dari kuku ibu jari ini bisa memuat segudang data. Informasi dari MicroSD juga bisa diakses di tablet atau smartphone.

Meski saat ini sangat populer dan banyak disukai karena kepraktisannya, namun ternyata kini banyak MicroSD palsu yang beredar di pasaran. MicroSD palsu ini berbahaya untuk digunakan karena bisa menghilangkan data pengguna selamanya.

Namun, seperti dikutip dari Phone Arena, susah untuk membedakan mana MicrosSD yang asli atau palsu, sebab brand palsu juga berlabel brand MicroSD ternama seperti Samsung, Kingston, SanDisk dan lainnya.

Awas! Banyak Beredar MicroSD Palsu
Contoh MicroSD asli (kiri) dan MicroSD palsu (kanan)

Ada cara untuk mengenai brand MicroSD card asli atau palsu. Nah, jika Anda membeli MicroSD card namun performanya tidak seperti yang Anda harapkan, maka Anda sudah harus curiga membeli MicroSD palsu.

Rata-rata MicroSD palsu memiliki jumlah ruang data lebih kecil dari yang tertera. Misal di label tertera 64 GB tapi pas dipasang hanya ada 8 GB. Jika MicroSD ini menerima banyak data diatas 8GB maka data pengguna bisa hilang.

Awas! Banyak Beredar MicroSD Palsu
Contoh MicroSD palsu (atas) dan MicroSD asli (bawah)

Cara lain untuk mengenali MicroSd asli atau palsu adalah, biasanya MicroSD palsu lamban bekerja untuk membaca dan menulis data. Karena tidak bisa lari, maka performa MicroSD palsu ini jadi berbahaya untuk ponsel Anda karena bisa sebabkan crash.

Selain itu, perhatikan kemasan. Rata-rata MicroSD palsu buatan China. Nah, jika ada teks yang kurang atau tidak dicetak dengan baik dalam kemasannya, Anda harus waspada. Dan Anda jangan tertipu harga, karena harganya sama dengan MicroSD asli.[AI/HBS]