Awas! Ada Malware yang Lebih Berbahaya dari WannaCry

EternalRocks

Telset.id, Jakarta – Jika Anda berpikir malware yang berbahaya saat ini adalah WannaCry, mungkin anggapan Anda tersebut sudah salah. Kenapa? Karena baru-baru ini telah ditemukan malware yang diklaim jauh lebih berbahaya dari WannaCry sekalipun.

Dilansir dari Tech Viral, seorang peneliti keamanan cyber asal Kroasia, Miroslav Stampar telah menemukan malware berbahaya bernama EternalRocks yang diklaim lebih powerful (berbahaya) dibandingkan WannaCry.

[Baca Juga: Awas! Giliran Google Play Store “Diserang” WannaCry]

Menurut peneliti tersebut, malware yang termasuk kategori worms tersebut mampu mengeksploitasi kurang lebih 7 kerentanan yang didapat dari temuan badan keamanan asal Amerika, National Security Agency (NSA). Dari ketujuh kerentanan tersebut, enam di antaranya merupakan kerentanan yang sebelumnya telah dibocorkan oleh kelompok hacker ShadowBrokers yang juga membocorkan kerentanan yang digunakan pada malware WannaCry.

“EternalRocks mengeksploitasi kerentanan di Windows khususnya pada protokol SMB Network menggunakan eksploitasi EternalBlue, EternalChampion, EternalRomance, EternalSynergy, SMBTouch, ArchiTOuch dan DoublePulsar,” jelas Stampar.

[Baca Juga: Ini Dia Dalang Ransomware WannaCry]

Lebih berbahayanya lagi menurut Stampar, EternalRocks saat menginfeksi PC korbannya, “tidak menampakkan diri” seperti WannaCry. Hal tersebut tentu menyulitkan antivirus yang digunakan oleh PC korbannya untuk mendeteksi kehadiran EternalRocks karena menurut Stampar, di dalamnya akan ada banyak perintah eksploitasi terhadap sistem, termasuk proses download eksploitasi tersebut dan menyebarkannya lewat internet untuk menginfeksi PC lainnya. (FHP/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here