Awali Proyek Internet.org, Facebook Sediakan Wi-Fi Gratis Ke Sekolah

internet.org

Jakarta – Facebook sepertinya tidak main-main saat mengatakan akan membuat dunia online. Buktinya, sebuah program percontohan yang bertujuan untuk memberikan Internet nirkabel gratis pun mulai dilakukan. Dan siswa-siswa di sebuah sekolah di Forest City, North Carolina lah orang yang beruntung itu.

Berawal di tahun 2011, ketika distrik sekolah menyetujui inisiatif untuk memberikan laptop pribadi kepada sekitar 6.000 siswa. Dari sana diketahui bahwa sebagian dari para siswa ini tidak memiliki internet nirkabel di rumahnya. Raksasa teknologi ini pun kemudian bermitra dengan distrik sekolah dan PANGAEA Internet – penyedia Internet berbasis N.C, untuk menyediakan Wi-Fi gratis kepada 75 sampai 100 rumah. Tentu saja, jumlah ini diharapkan meningkat seiring berjalannya waktu.

Dikutip telsetNews dari Mashable (16/07), upaya Facebook menyediakan Wi-Fi gratis kepada siswa ini adalah yang pertama, dan bisa jadi akan menjadi awal atas terciptanya kemitraan berikutnya, jika program ini berhasil.

Memang, kemitraan ini tidak secara khusus terkait dengan Internet.org, yang lebih merupakan inisiatif global untuk membawa akses internet ke negara-negara berkembang, tetapi secara keseluruhan temanya tetap sama: Facebook ingin orang online.

Tak hanya itu, menawarkan Wi-Fi gratis kepada siswa juga dapat membantu Facebook tetap terhubung dengan remaja yang secara demografis kesulitan.

Facebook memang mengatakan bahwa para siswa yang menggunakan Wi-Fi yang disediakan oleh mereka nantinya tidak akan diarahkan ke halaman Facebook, namun sebagai siswa yang tahu terima kasih, bukannya tidak mungkin mereka akan lebih cenderung untuk menggunakan layanan tersebut. (Ida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI