Apple Watch vs Moto 360 vs G Watch R vs Gear S

Apple Watch 3JAKARTA – Apple Watch akan menjadi smartwatch pertama Apple di pasaran. Itu artinya, perangkat ini akan menjadi satu-satunya wakil iOS yang akan bertarung melawan para pesaingnya yang telah lama bercokol di area ini, sebut saja LG G Watch R, Motorola Moto 360 dan Samsung Gear S.

LG G Watch R mungkin bisa dipertimbangkan sebagai pesaing terkuat. Tak hanya unjuk gigi dengan beragam fitur canggih, smartwatch besutan LG ini juga tampil tak kalah menawan dari Apple Watch, dengan desain elegan yang akan benar-benar membuat orang tertarik untuk memakainya.

Hal yang sama juga berlaku untuk Motorola Moto 360, bentuk layar membulat yang diusungnya terlihat keren dan sangat pas di pergelangan tangan. Ditambah, ini juga dipaketkan dengan charger induktif pintar. Kedua perangkat tersebut menjalankan Android Wear.

Sementara Samsung Gear S, meski menjalankan OS buatan Samsung sendiri, yakni Tizen, namun menawarkan konektivitas 3G. Hal ini memungkinkan Anda meninggalkan ponsel di rumah, sementara mengenakan perangkat ini di pergelangan tangan Anda.

Untuk urusan prosesor, Apple Watch hadir dengan sokongan Apple S1, sebuah “system-in-package” (SIP) yang berisi chip, memori RAM, NAND flash, dan komponen lainnya. S1 konon hampir setara dalam hal kinerja dengan prosesor A5 Apple yang ditemukan dalam generasi iPod Touch saat ini.

Sementara LG G Watcg R, Motorola Moto 360, dan Samsung Gear S, masing-masing diperkuat prosesor Snapdargon 400 1.2GHz, TI OMAP 3, dan dual core 1GHz, dengan RAM serta penyimpanan yang sama, yakni 512 MB bersanding dengan 4GB.

Itu belum termasuk dukungan konektivitas yang dibawa keempatnya, mulai dari Bluetooth hingga 3G. Well, Apple Watch tidak bisa terlalu bangga di sini, karena Motorola Moto 360 pun ternyata hanya dipersenjatai Bluetooth 4.0, tetapi juga konektivitas Wi-Fi.

Lain halnya dengan LG G Watch R yang harus merasa puas dengan hanya memiliki Bluetooth 4.0. Lalu Samsung Gear S? Perangkat ini bisa berbangga hati, karena memiliki dukungan 3G.

Baik LG G Watch R, Motorola Moto 260, maupun Samsung Gear S sama-sama datang dengan predikat “tahan air”, di mana ketiganya disebut-sebut dapat bertahan di kedalaman air 3 kaki selama 30 menit. Pun demikian dengan Apple Watch. Meskipun, kabar yang beredar menyebutkan bahwa fitur tahan air di badan Apple Watch itu ternyata sebatas cuma tahan cipratan air.

Hingga berita ini diturunkan, Apple belum mengungkap angka pasti kapasitas baterai smartwatch-nya. Namun perusahaan asal Cupertino ini mengklaim bahwa Apple Watch akan bertahan selama 18 jam untuk sekali pengisian. Angka itu 6 jam lebih panjang dibanding Motorola Moto 360 (320mAh), yang dalam pengujian dapat bertahan selama 12 jam, dan lebih pendek dari LG G Watch R, yang diklaim mampu bertahan sehari penuh untuk penggunaan normal.

Sementara Samsung Gear S, meski dari segi kapasitas harusnya memiliki umur lebih pendek dibanding ketiganya, namun berkat charger ‘ajaib’nya bisa bertahan selama 2 hari.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut kami sertakan daftar spesifikasi dari masing-masing smartwatch ini. Check this out!

Spek Apple Watch dkk

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI