Apple Watch SE, Jam Pintar Versi Murahnya Apple

Telset.id, Jakarta – Selain mengumumkan Apple Watch Series 6, Apple juga memperkenalkan jam tangan pintar versi murah, Apple Watch SE. Meski menyandang status “murah”, tapi smartwatch ini dibekali banyak fitur yang tidak murahan.

Beberapa fitur unggulan yang dihadirkan pada Apple Watch SE, seperti misalnya fitur akselerometer, giroskop, dan always-on altimeter, yang sama seperti ada Apple Watch Series 6.

{Baca Juga: Bukan iPhone 12, Apple Luncurkan Apple Watch dan iPad Baru}

Spesifikasi Apple Watch SE Gak Murahan

Dikutip Telset.id dari Cnet, smartwatch ini didukung prosesor Apple S5, yang membuat performanya diklaim dua kali lebih cepat dari Apple Watch Series 3. Ada juga chip nirkabel W3 untuk konektivitas tanpa batas dengan semua perangkat Apple.

Apple Watch SE menggunakan Retina display dengan ukuran dan resolusi layar yang sama dengan Apple Watch Series 6, tapi bukan Always-On Retina Display, dengan tingkat kecerahan maksimal hingga 1000 nits, atau 30 persen lebih besar dari Seri 3.

Jam pintar ini dibekali fitur monitor detak jantung optik yang juga memberikan notifikasi detak jantung tinggi dan rendah, selain notifikasi detak jantung yang tidak teratur.

Selain itu, fitur deteksi jatuh, SOS darurat, panggilan darurat internasional, dan fitur keselamatan lainnya juga tersedia. Namun, aplikasi Blood Oxygen, ECG dan sensor jantung elektrik masih belum hadir di Apple Watch SE.

Daya tahan baterainya diklaim bisa hingga 18 jam. Jam canggih ini akan tersedia dalam case 40mm dan 44mm, dengan lapisan aluminium dan tiga pilihan warna, yakni Gold, Silver, dan Space Grey.

{Baca juga: Apple Watch Series 6, Fitur dan Spesifikasi Lengkap}

Apple juga mengumumkan fitur Family Setup di watchOS 7, yang akan tiba pada update akhir tahun ini. Fitur Family Setup memungkinkan orang tua bisa mengawasi anak dengan lebih baik, karena fitur ini akan menghubungkan akun Apple Watch anak ke iPhone milik orang tuanya.

Jadi, orang tua akan dapat mengontrol siapa yang mengirimkan pesan ke anak-anak mereka, mendapatkan pemberitahuan lokasi, dan fitur keamanan lainnya.

Apple juga meluncurkan tampilan jam baru yang akan hadir dengan watchOS 7, termasuk GMT, Countdown, Chronograph Pro, Emoji face, Typography, Stripes, dan Artist.

Fitur watchOS 7 lainnya termasuk pelacakan tidur, deteksi cuci tangan otomatis, jenis latihan baru, dan kemampuan untuk berbagi tampilan jam. Apple menyebutkan watchOS 7 akan dirilis untuk Apple Series 3 dan model yang lebih baru pada 16 September 2020 nanti.

Harga Apple Watch SE

Sama seperti Seri 6, Apple Watch SE juga memiliki 2 opsi, yakni model Apple Watch SE GPS  yang dijual seharga $ 279 atau sekitar Rp 3 jutaan, sedangkan model GPS + Seluler dipatok mulai harga $ 329 atau sekitar Rp 3,5 juta.

Apple sudah membuka pre-order Apple Watch SE di AS mulai hari ini, dengan ketersediaan mulai 18 September 2020 mendatang. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here