Apple Watch Series 6, Fitur dan Spesifikasi Lengkap

Apple Watch Series 6

Telset.id, Jakarta – Apple Watch Series 6 telah resmi diluncurkan pada acara virtual “Time Flies”. Jam tangan pintar baru buatan raksasa Cupertino itu terlihat sangat mirip dengan model Apple Watch Series 4 dan Series 5. Bagaimana dengan spesifikasi dan harganya?

Meski desainnya masih terlihat mirip dengan pandahulunya, namun Apple Watch Series 6 membawa perangkat keras baru yang diklaim memberikan kinerja lebih cepat.

{Baca juga: Ini Harga Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE}

Selain kinerjanya yang diklaim lebih gegas, jam tangan pintar ini juga memiliki fitur ketahanan air yang lebih baik, dan konektivitas nirkabel yang ditingkatkan dibandingkan pendahulunya.

Dikutip Telset.id dari 9to5Mac, Apple Watch Series 6 juga yang pertama dalam jajaran Apple Watch Series yang memiliki kemampuan mengukur kadar oksigen dalam darah. Selain itu, ada pilihan warna baru untuk menarik lebih banyak pengguna muda.

Spesifikasi Apple Watch Series 6

Apple Watch Series 6 hadir dalam opsi casing berukuran 40mm dan 44mm, dimana keduanya memiliki lapisan belakang keramik dan kristal safir serta terbuat dari bahan aluminium, baja tahan karat, titanium, dan keramik.

Performa jam tangan pintar ini didukung prosesor Apple S6, yang diklaim dua kali lebih cepat dari prosesor S5 yang tersedia di Apple Watch Series 5. Ada juga chip nirkabel W3 untuk konektivitas tanpa batas dengan perangkat Apple.

{Baca juga: Bukan iPhone 12, Apple Luncurkan Apple Watch dan iPad Baru}

Selain itu, Seri 6 adalah yang pertama di keluarganya yang hadir dengan teknologi ultra-wideband (UWB) dan chip U1 yang memungkinkan konektivitas menggunakan gelombang radio dalam jarak dekat.

Apple Watch Series 6 membawa fitur Always On Display dengan refresh rate hingga 60Hz, dengan tingkat kecerahan hingga 1.000 nits. Untuk varian case 40mm hadir dengan resolusi layar 324×394 piksel, sedangkan varian case 44mm memiliki resolusi layar 368×448 piksel.

Layar Retina Always-On Display di Seri 6 diklaim 2,5 kali lebih terang daripada model sebelumnya, saat di luar ruangan dan saat pergelangan tangan pengguna turun. Jam ini juga dilengkapi fitur Always On Altimeter.

Dalam hal pelacakan kesehatan dan kebugaran, smartwatch ini memungkinkan pengguna mengukur kadar oksigen dalam darah (SpO2) berkat sensor kesehatan baru yang menggunakan cahaya inframerah dan fotodioda untuk mendeteksi warna darah di bawah kulit menghitung saturasi oksigen darah.

Pengguna akan menerima peringatan jika kadar oksigen darah mereka turun di bawah angka referensi antara 95 dan 100 persen. Smartwatch ini juga mempertahankan fitur sensor jantung elektrik yang pertama kali diluncurkan pada Seri 4.

Fitur sensor jantung elektrik ini dirancang untuk merekam detak dan ritme jantung. Fitur ini dapat mendeteksi fibrilasi atrium (AFib) dan dapat memberikan laporan elektrokardiogram (EKG).

Jam pintar ini juga dilengkapi dengan fitur pelacakan kesehatan mental, untuk mendeteksi serangan panik dan stres tingkat tinggi. Fitur ini juga menawarkan latihan pernapasan teratur untuk mengontrol tingkat stres Anda.

Lebih lanjut, jam tangan pintar ini menawarkan pelacakan tidur menggunakan kombinasi data akselerometer dan penyesuaian perangkat lunak yang tersedia melalui watchOS 7. Apple mengklaim bahwa Apple Watch Series 6 menyediakan daya tahan baterai hingga 18 jam.

Apple Watch Series 6 juga memperkenalkan casing warna Biru baru, selain Gold, Silver, dan Space Grey. Sementara model Graphite stainless steel baru (selain emas yang sudah ada) juga diperkenalkan model RED dengan pita yang serasi.

{Baca Juga: 4 Fitur Baru yang Paling Ditunggu di iPhone 12, Apa Saja?}

Buat yang suka warna natural, tersedia Apple Watch Series 6 dengan lapisan titanium dengan warna Natural Titanium dan Space Black. Apple juga meluncurkan strap baru yang mereka berin nama Solo Loop dan Leather Link.

Fitur Family Setup di watchOS 7

Apple juga mengumumkan fitur Family Setup di watchOS 7, yang akan tiba pada update akhir tahun ini. Fitur Family Setup memungkinkan orang tua bisa mengawasi anak dengan lebih baik, karena fitur ini akan menghubungkan akun Apple Watch anak ke iPhone milik orang tuanya.

Jadi, orang tua akan dapat mengontrol siapa yang mengirimkan pesan ke anak-anak mereka, mendapatkan pemberitahuan lokasi, dan fitur keamanan lainnya.

Apple juga meluncurkan tampilan jam baru yang akan hadir dengan watchOS 7, termasuk GMT, Countdown, Chronograph Pro, Emoji face, Typography, Stripes, dan Artist.

Fitur watchOS 7 lainnya termasuk pelacakan tidur, deteksi cuci tangan otomatis, jenis latihan baru, dan kemampuan untuk berbagi tampilan jam. Apple menyebutkan watchOS 7 akan dirilis untuk Apple Series 3 dan model yang lebih baru pada 16 September 2020 nanti. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here