Apple Tantang Hacker Bobol iOS

Telset.id, Jakarta – Di dunia maya, mendengar kata hacker selalu menakutkan. Tak heran, karena biasanya para hacker selalu menimbulkan masalah, oleh sebab itu selalu dihindari oleh para perusahaan terknologi. Uniknya, justru Apple tantang hacker bobol iOS dengan imbalan hadiah uang yang sangat besar.

Apple menjanjikan hadiah uang sebesar USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,6 miliar bagi para hacker yang berhasil menemukan dan masuk ke celah iOS. Hal ini disampikan oleh petinggi untuk sistem keamanan Apple, Ivan Krstic, saat memberikan sambutan di konferensi Black Hat, di Las Vegas, Amerika Serikat.

Tapi harus diingat, para hacker tidak boleh hanya sekadar mengklaim berhasil meretas iOS. Apple mewajibkan mereka untuk bisa membuktikan bagaimana cara mencari, menemukan, dan masuk ke dalam sistem keamanan perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad.

Uniknya, tidak semua hacker dibolehkan hadir pada program tersebut. Hanya orang-orang tertentu saja yang boleh melakukannya, yakni mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas bentukan Apple.

Apple nampaknya masih berpikir dua kali untuk mengizinkan hacker yang ada di luar grup bentukan mereka. Apple tak ingin memberikan uang yang sangat besar bagi para hacker yang telah menemukan kelemahan dalam sistem perangkat Apple.

Program yang dibuat ini memang dimaksudkan agar mereka dapat menemukan celah keamanan dan kemudian bisa memperbaikinya. Tapi Apple juga tak mau gegabah memberikan izin kepada semua hacker untuk mengacak-acak software buatannya.

Selain itu, Apple juga tak ingin celah keamanan yang ditemukan para hacker justru akan dijual kepada kompetitornya. Karena bisa saja para pesaing Apple menawarkan uang yang lebih besar kepada hacker yang mau menjual rahasia jeroan software Apple. [HBS]

 

SourceCnet

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -