Apple Patenkan Sumber Energi Tahan Lama untuk MacBook

Tim Cook CEO AppleJakarta – Apple saat ini mematenkan aplikasi untuk sistem sel bahan bakar (fuel cell system) yang bisa memberikan tenaga ke MacBook hingga tahan seminggu tanpa melakukan pengisian baterai.

Seperti dikutip dari Wired.co.uk, dalam aplikasi patennya, Apple mendeskripsikan bahwa aplikasi ini akan berjalan melalui sumber energi internal dengan bentuk kecil yang akan menambah sedikit berat laptop. Paten tersebut menyebutkan secara spesifik digunakan untuk charger MagSafe untuk MacBook, yang bisa juga digunakan untuk iPhone dan iPad.

Dalam paten tersebut juga disebutkan bahan potensial sebagai sumber bahan bakar, yang bisa dicampur dengan air. Misalnya saja sel bahan bakar yang bekerja dengan mencampurkan sebuah bahan bakar, misal hidrogen dengan agen oksidasi, misal air atau oksigen.

Paten Apple melisting sejumlah daftar bahan bakar potensial, antara lain borohydride, sodium silicate, lithium hydride, magnesium hydride, hydrocarbon dan hidrogen cair.

Tidak seperti baterai yang butuh di-charge secara berkala, fuel cell system ini hanya butuh diisi kembali ketika habis. Sekali pengisian, bisa bertahan hingga minimal seminggu.

Dalam paten Apple disebutkan, akan ada alat seperti cartridge yang bisa dipasang sebagai slot bahan bakar. Sehingga, bahan bakar ini bisa beroperasi layaknya baterai. (IKA/HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI