telset

Apple News Utamakan Akurasi Berita, Bukan Kecepatan

Telset.id, Jakarta – Pemimpin Redaksi Apple News, Lauren Kern, mengungkap tentang betapa pentingnya akurasi pada sebuah berita. Ia mengatakan hal ini kepada Sydney Morning Herald pada Senin (19/11/2018), secara tidak langsung mempertegas bahwa kecepatan waktu terbit bukanlah segalanya bagi Apple News. Ada akurasi berita, yang dianggap Kern lebih utama.

“Informasi salah bisa keluar begitu cepat dan menyebar tanpa kompromi.  Kami tidak menginginkan hal itu terjadi. Karenanya, kami memilih untuk menyajikan berita dengan akurasi terpercaya di Apple News,” ujar Kern seperti dikutip Telset.id dari Phone Arena.

Apple juga mencoba tampil beda dengan Apple News. Alih-alih membiarkan algoritma menentukan penempatan cerita, Apple mengandalkan kemampuan manusia untuk memutuskan artikel mana yang layak menjadi berita utama dan mana yang pantas menempati pos feature.

Apple pun hanya akan bekerja dengan penerbit yang dipercaya, dan tidak akan mengakomodasi penerbit yang suka menebar sensasi lewat berita palsu demi mendapatkan reaksi dari sisi spektrum politik. Apple bakal memberi ruang kepada semua pihak yang berkepentingan dalam berita.

Menurut VP aplikasi Apple, Roger Rosner, keputusan untuk membuat berita di Apple News seimbang merupakan usulan dari CEO Tim Cook. “Tim Cook sangat cepat melihat dampak sosial yang penting dan sejenisnya. Ia meminta kepada kami untuk membuat prioritas jurnalisme,” katanya.

Penerbit yang bermitra dengan Apple News akan memutuskan cerita mana yang digunakan. Mereka bahkan bisa memutuskan kapan notifikasi dikirim ke pengguna. Soal pembagian pemasukan, jika Apple memasok iklan, penerbit akan mendapat bagian sebesar 70 persen.

Beberapa waktu dikabarkan, Liz Schimel, mantan presiden perusahaan media massa Conde Nast, resmi bekerja untuk Apple. Kabar itu disampaikan via laman The Information dengan sumber profil LinkedIn milik Schimel. Sejak Juli 2018, ia bekerja untuk Apple di divisi Apple News.

Apple memang tampak semakin serius menggarap layanan Apple News. Belum lama ini, sudah mencuat kabar tentang keberadaan petinggi baru di Apple News. Dan, seorang diantaranya ternyata adalah Schimel. Baru-baru ini, Apple juga mengakuisisi layanan pembelian majalah digital Texture. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0