Apple Kembali Lirik Bisnis Web TV?

Steve Jobs Apple TVJAKARTA – Apple sejak lama ingin masuk ke bisnis TV, dan mungkin sekarang saatnya raksasa dari Cupertino ini mencobanya kembali, setelah pada tahun 2009 lalu telah mencoba ke bisnis web TV.

Tercatat sejak 2009, Apple telah mencoba menawarkan layanan web TV dengan harga USD 30 per bulan. Tapi layanan ini hanya sebatas wacana dan Apple terus melakukan strategi berbeda, bahkan ada wacana untuk bekerja sama dengan provider TV seperti Time Warner Cable.

Seperti dikutip dari Recode, Kamis (5/2/2015), petinggi Apple mengatakan bahwa Apple sedang melakukan tahap pembicaraan dengan beberapa programmer TV, mengenai kerja sama over the top (OTT) layanan pay TV. Apple ingin menjalankan bisnis TV seperti halnya Sling TV dan layanan web TV dari Sony yang akan segera dirilis.

Kemungkinan Apple menggunakan skema bisnis membundel beberapa program dari semua line up TV yang rata-rata ditawarkan provider pay TV. Lalu, Apple akan menjualnya langsung ke konsumen via web. Itu artinya, Apple hanya memperbaharui bisnis pay TV saat ini, tapi dengan tambahan versi Apple serta intreface dan user experience khas Apple.

Apple sudah memperlihatkan demo programmer sebagai proposal layanan. Tapi, pembicaraan dengan programmer ini masih dalam tahap awal. Artinya, belum ada kejelasan harga dan waktu rilis.

Walaupun begitu, beberapa programmer mengaku belum melakukan pembicaraan dengan Apple. Dari pihak Apple juga masih enggan mengomentari pemberitaan ini.[AI/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI