Apple Kembali Taklukkan Tiongkok

Apple Xiaomi logoJAKARTA – Meski sempat “diganggu” pemain lokal, namun laju Apple di pasar Tiongkok tidak bisa dibendung. Menurut laporan terbaru dari lembaga survey pasar IDC, Apple disebutkan telah berhasil menggusur Xiaomi sebagai penjual smartphone terbesar di Tiongkok.

Xiaomi sempat merebut singgasana dari tangan Apple sebagai perusahaan dengan penjualan smartphone terbesar di Tiongkok. Tapi singgasana itu akhirnya berhasil direbut kembali oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu.

Mengutip laporan terbaru IDC, Apple disebutkan selama kuartal pertama 2015 berhasil menjual 14.5 juta unit iPhone, atau meningkat dari 8,9 juta unit di kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Apple kini menguasai 14,7% pangsa pasar smartphone di Tiongkok, atau tumbuh 62,1% YoY. Meningkatnya pangsa pasar Apple karena laris manisnya penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di pasar Tiongkok.

Sementara jagoan tuan rumah, Xiaomi dilaporkan menjual sekitar 13,5 juta unit smartphone selama kuartal pertama 2015, meningkat dibanding kuartal yang sama di tahun sebelumnya sebesar 9,5 juta unit smarthone. Xiaomi menguasai pangsa pasar sebesar 13,7%, atau mengalami pertumbuhan sebesar 42,3% YoY.

Xiaomi merosot ke posisi kedua karena menghadapi persaingan ketat dari vendor lain di pasar untuk segmen low-end dan mid-range. Sementara Huawei mempertahankan posisi ketiga karena berhasil menguasai segmen mid-range. Selanjutnya Samsung dan Lenovo berada di posisi keempat dan kelima.

IDC juga mengungkapkan bahwa secara total selama kuartal pertama 2015 penjualan smartphone di Tiongkok tercatat sebanyak 98,8 juta unit. Jumlah ini mengalami penurunan sekitar 4% dibanding tahun sebelumnya.

Ini adalah pertama kalinya dalam enam tahun terakhir angka penjualan smartphone di Tiongkok mengalami penurunan. Menurut analis IDC, penurunan tersebut disebabkan karena pasar smartphone di Tiongkok telah mature dan mengalami kejenuhan.[HBS]

Market share smartphone Tiongkok Q1 2015
Sumber: IDC

 

 

 

 

 

SourceIDC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0