Apple Ingin Bikin iPhone Tanpa Bezel

iPhone tanpa bezel conseptJAKARTA – Apple sepertinya mulai tertarik untuk ikut dalam persaingan membuat smartphone tanpa bezel. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu dikabarkan tengah mempertimbangkan penggunaan teknologi in-cell untuk layar iPhone generasi mendatang.

Menurut informasi yang diberikan pemasok Apple, saat ini perusahaan yang dinakhodai Tim Cook itu sedang memikirkan untuk berpindah dari teknologi in-cell pada layar iPhone menjadi kaca on-cell atau glass-on-glass.

Kedua teknik yang disebutkan tadi memungkinkan Apple untuk menawarkan desain iPhone tanpa bezel seperti yang digunakan beberapa flagship buatan menufaktur lain saat ini. Contoh paling anyar adalah pada ZTE Nubia 9.

Namun kendala pada teknologi in-cell adalah kurang responsifnya sentuhan pada bagian pinggir layar. Hal ini juga akan mempersulit Apple untuk memproduksi layar dengan resolusi 4K untuk iPhone generasi mendatang.

Oleh sebab itu, Apple dikabarkan lebih memilih menggunakan layar glass-on-glass yang memungkinkan iPhone generasi mendatangnya setipis iPhone 6. Apple dan pemasok juga dikabarkan sedang coba mengembangkan teknologi baru yang dapat memproduksi layar responsif untuk smartphone dengan desain tanpa bezel.

Apple nampak memang sedang berupaya keras untuk mewujudkan ambisinya membuar iPhone dengan desain tanpa bezel. Namun rencana ini tentunya tidak mudah dan butuh waktu hingga nanti akan dirilis ke pasaran.

Menariknya, iPhone tanpa bezel ini disebut-sebut akan menyandang nama iPhone 7 Edge dan paling cepat baru akan diumumkan pada tahun 2016 mendatang. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI