Apple Garap Mimpi Steve Jobs Bikin Mobil Pintar

Apple Car ilusrasi
Ilustrasi (ist)

JAKARTA – Sebagai pionir dibidang teknologi, Apple selalu dirumorkan dengan berbagai penemuan baru. Salah satunya yang kini berhembus semakin kencang adalah proyek mobil listrik digital. Apple berambisi mewujudkan mimpi Steve Jobs yang belum kesampaian, yakni ‘Apple Car’.

Kabar ini sudah cukup lama menjadi konsumsi isu di sejumlah media. Dan kini indikasi Apple sedang menyiapkan proyek mobil listrik digitalnya semakin menguat, setelah Financial Times menurunkan laporan terbarunya yang menyebutkan bahwa Apple telah merekrut sejumlah desainer mobil dan ahli teknologi otomotif.

Tak tanggung-tanggung, Apple disebutkan telah membajak Jungwirth, kepala riset pengembangan Mercedes Benz di Silicon Valley untuk bergabung dengan puluhan desainer dan ahli otomatif lainnya yang ditempatkan di sebuah lab rahasia berlokasi beberapa kilometer dari markas Apple di Cupertino.

Proyek berkode nama Titan itu dipimpin oleh para manager dari tim iPhone. Bahkan desainer Apple Jony Ive dikabarkan turun tangan langsung dan disebut-sebut sering melakukan rapat dengan tim rahasia tersebut. Para eksekutif Apple juga dilaporkan sudah mulai aktif melakukan diskusi dengan manufaktur mobil seperti Magna Steyr.

Wall Street Journal mengungkap bahwa proyek dengan codename Titan ini digarap oleh sedikitnya 1.000 engineer. Titan merupakan proyek mobil listrik digital Apple yang sempat ingin dijalankan Steve Jobs, namun belum kesampaian karena keburu wafat.

Apple sebelumnya dirumorkan mengembangkan self-driving seperti yang dikembangkan Google. Apple disebutkan hanya akan mengembangkan sebuah platform software untuk mobil, yang merupakan pengembangan dari CarPlay.

Namun sejumalah analis lain meyakini Apple tak hanya mendesain software atau komponen individual, melainkan mereka justru ingin menciptakan sebuah mobil sendiri. Indikasi ini menguat jika melihat pola perekrutan karyawan yang dilakukan Apple.

“Mereka (Apple) sepertinya tidak terlalu ingin melibatkan tenaga bantuan dari produsen mobil lain,” kata seorang sumber yang mengetahui tentang proyek mobil listrik digital Apple, yang telsetNews kutip dari Reuters, Minggu (15/2/2015).

“Evolusi sekarang ke arah self-driving. Para produsen mobil kini mulai membangun pasarnya. Apple melihat peluang untuk meningkatkan kemampuan sebuah mobil, seperti mobil otomatis,” tambahnya.

Seperti diketahui saat ini pabrikan mobil mulai berlomba-lomba mengembangkan teknologi self-driving pada mobil buatan mereka. Ada tiga produsen mobil papan atas yang diketahui mulai menjalankan proyek ini, yaitu Mercedes, BMW, dan Audi.Selain produsen mobil, proyek mobil otomatis juga mulai dilirik oleh perusahaan teknologi seperti Google. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here