Gara-gara Corona, Jerman Tunduk pada Apple dan Google

Telset.id, Jakarta  – Apple dan Google mengembangkan API baru untuk iPhone dan smartphone Android yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi pelacakan kontak pasien virus corona. Jerman akhirnya “tunduk” pada Apple dan Google.

Seperti dilansir New York Post, Apple dan Google menggunakan konektivitas Bluetooth antarperangkat untuk menentukan risiko pemaparan seseorang terhadap orang lain yang positif Covid-19.

{Baca juga: Ikuti Jejak Singapura, Jerman Siapkan Aplikasi Pelacakan Virus Corona}

Dengan demikian, sistem medis dapat melakukan pelacakan kontak secara cepat dan melakukan penanganan paling tepat. Pasien dapat diisolasi lebih awal dan diuji Covid-19 dengan bantuan aplikasi itu.

Namun, dikutip Telset.id, Selasa (28/4/2020), semua terserah pengguna iPhone dan Android untuk ikut serta atau tidak. Yang jelas, privasi pengguna seperti kontak, email, dan lain-lain tetap akan dilindungi.

Beberapa negara di Eropa telah menggarap aplikasi pelacakan kontak sebelum Apple dan Google mengumumkan kehadiran API baru. Tetapi, tidak semua negara menggunakan pendekatan ramah privasi.

Inggris, Prancis, dan Jerman ingin Apple dan Google membuat pengecualian tertentu yang akan memungkinkan untuk menjalankan aplikasi penelusuran kontak sendiri dan mengumpulkan data pengguna.

Namun, akhir pekan lalu Jerman menyatakan akan membatalkan permintaan. Sebagai gantinya, Jerman siap untuk mengikuti pedoman Apple dan Google, yang lebih mengutamakan privasi pengguna.

Inisiatif baru yang dihadirkan oleh Apple dan Google sekarang disebut sebagai “pemberitahuan paparan”, bukan lagi “pelacakan kontak”. Perubahan nama tersebut lebih menggambarkan fungsi aplikasi.

{Baca juga: Italia, Inggris dkk Lacak Smartphone untuk Setop Corona}

Aplikasi itu akan memberi tahu pengguna tentang kemungkinan terkena paparan. Selanjutnya tergantung pengguna dan pihak berwenang untuk melakukan upaya penelusuran kontak yang sebenarnya.

Apple dan Google memutuskan untuk membangun perlindungan privasi tambahan di aplikasi guna membuat identifikasi pengguna yang tidak disengaja maupun disengaja menjadi sangat tidak mungkin. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI