telset

Kominfo Mau Bikin Aplikasi Video Conference Mirip Zoom

Telset.id, Jakarta Kominfo berencana membuat aplikasi video conference sendiri. Rencana tersebut menyusul isu keamanan dan privasi data pengguna di aplikasi video conference seperti Zoom.

Wacana Kominfo ini muncul saat rapat kerja secara online antara Komisi 1 DPR RI dan Kominfo. Saat itu, anggota DPR RI Komisi 1, Nurul Arifin bertanya terkait isu keamanan di aplikasi video conference seperti Zoom.

“Dikatakan Zoom ini tidak aman, bisa kemana-mana, bisa merembes, didengar, direkam dan sebagainya. Apakah Menkominfo tidak membuat sendiri aplikasi yang seperti Zoom ini secara temporary sesuai kebutuhan,” tanya Nurul pada Selasa (08/04/2020).

{Baca juga: Diralat, Aplikasi TraceTogether Ganti Nama jadi Peduli Lindungi}

Menkominfo Johnny G Plate pun langsung menanggapi pertanyaan dari politisi Golkar tersebut. Menurutnya, ia dan jajarannya sedang berencana untuk menciptakan aplikasi video conference sendiri.

“Kami menyadari betul jika komunikasi harus dijaga dengan baik. Saat ini kami perhatikan secara sungguh-sungguh agar semua rapat bisa dijamin kerahasiaannya. Aplikasi khusus kami sedang mempelajari,” tutur Johnny.

Ia mengatakan, saat ini sebenarnya sudah ada aplikasi serupa, yakni Telkomsel CloudX. Tapi, demi menciptakan aplikasi video conference yang lebih aman, Kominfo berencana untuk membangun aplikasi sendiri, karena dikendalikan oleh pemerintah.

“Kami juga mempelajari bagaimana membangun aplikasi sendiri di lingkungan Kominfo, untuk digunakan dan dikendalikan melalui sentral kontrol Kominfo atau pemerintah. Nanti saya update bagaimana perkembangannya,” tutup Johnny.

{Baca juga: Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet}

Sebelumnya, Zoom terus ditempa kasus keamanan data. Dilaporkan oleh Washington Post, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna Zoom bocor dan bisa diakses secara bebas di situs terbuka.

Selama penyelidikan, ditemukan setidaknya 15.000 rekaman video rapat online, dan pertemuan online lainnya di Zoom bocor dan bisa diakses secara bebas. Video itu telah di-upload di platform video streaming seperti YouTube dan Vimeo. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0