Apakah Kita Benar-benar Membutuhkan DSLR?

Huawei P8JAKARTA – Perkembangan teknologi kamera smartphone mencapai level yang mengagumkan. Huawei P8 menjadi salah satu smartphone yang bisa membuktikan keindahan hasil jepretan sebuah kamera smartphone.

Huawei P8 merupakan flagship terbaru Huawei yang tak hanya tampil elegan dengan body yang ramping, tapi juga menawarkan fitur-fitur canggih. Smartphone ini hadir dengan ukuran layar 5.2 inci dengan resolusi 1080 x 1920, dan dilengkapi dengan chip sistem octa-core Kirin 930.

Tapi yang akan menjadi fokus bahasan kali ini adalah kemampuan dari kamera 13MP dengan mode baru yang canggih dari Huawei P8, yang bisa menangkap foto dan cahaya dengan cara yang mengagumkan dengan menggunakan Light Painting mode.

Anda bisa melihat beberapa foto dari hasil jepretan kamera Huawei P8 yang diambil seorang fotografer profesional asal Malaysia, Keow Wee Loong. Anda pasti akan bertanya-tanya apakah benar itu diambil dari kamera smartphone atau DSLR? Jawabnya, bukan DSLR, tapi dari Huawei P8.

Dengan bantuan model dan teknik pencahayaan kreatif, kita bisa melihat sebuah hasil karya foto yang memiliki nilai artistik tinggi dengan hanya menggunakan kamera smartphone. Setidaknya kini Anda bisa tahu perangkat smartphone tak lagi hanya sebagai alat buat nelpon dan chatting saja, tapi juga memiliki kemampuan fotografi yang luar biasa hebat.

Tim PhoneArena menilai hasil jepretan kamera Huawei P8 dengan fitur Light Painting mode benar-benar bisa membuat orang yang melihatnya menjadi berdecak kagum. Bahkan mereka mengatakan, “apakah kita benar-benar membutuhkan DSLR?”.

Pernyataan seperti itu untuk menggambarkan bagaimana tim PhoneArena yang melakukan review atas Huawei P8 mengakui hasil jepretan kamera smartphone tak kalah keren dengan DSLR. Jadi bukan maksudnya sudah tidak membutuhkan DSLR lagi.

Kalimat tersebut ingin mengatakan bahwa bagi Anda yang senang fotografi tapi berkantong cekak dan tidak mampu membeli kamera DSLR, tak perlu khawatir, karena sekarang perangkat smartphone sudah memiliki teknologi kamera yang layak untuk menghasilkan foto yang keren.

Meski begitu, Anda tetap harus belajar teknik fotografi jika ingin bisa menghasilkan foto-foto keren seperti di bawah ini. Untuk mempelajarinya, Anda bisa lihat beberapa referensi teknik fotografi yang ada di Internet.

Hal ini perlu ditegaskan agar para fans DSLR tidak salah mengartikan tulisan tentang kamera smartphone. Memang tidak salah jika para fans DSLR keukeh berpendapat, “tidak mungkin kamera smartphone mampu mengalahkan DLSR”. Tapi ingat, di sini kita tidak bicara soal kalah menang, tapi tentang kemampuan teknologi kamera smartphone yang kian canggih.

Pada tulisan telsetNews sebelumnya juga pernah menurunkan artikel berjudul Mampukah Galaxy S6 Menandingi Kamera DSLR? Respon yang datang cukup beragam, ada yang pro dan ada juga yang kontra.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah, dalam pembahasan soal kamera smartphone dan DSLR, tujuan utamanya bukan mengadu kemampuan keduanya, karena semua juga tahu kemampuan lensa DSLR masih di atas kamera smartphone. Yup, dengan penambahan lensa dan memakai mode manual, hasil jepretan kamera DSLR jelas akan jauh lebih bagus dibanding kamera smartphone.

Artikel yang kami tulis hanya ingin menjelaskan soal pesatnya perkembangan teknologi kamera smartphone saat ini. Dengan kecanggihan dan kepraktisannya – karena bentuknya yang kecil dan ringan – membuat orang kini mulai melirik kamera smartphone sebagai pilihan perangkat fotografi. Se-simple itu saja sebenarnya.

Makanya sekali lagi, menurut telsetNews tak perlu ada respon yang berlebihan dari para fans DSLR soal kamera smartphone. Karena dalam artikel itu sebenarnya tidak ada yang menyebutkan kamera smartphone lebih bagus atau melebihi kemampuan kamera DSLR.

Nah, untuk membuktikannya, Anda bisa melihat beberapa foto hasil karya fotografer profesional asal Malaysia, Keow Wee Loong yang menggunakan smartphone Huawei P8 di bawah ini:

Beberapa foto menarik ini diambil dengan menggunakan Light Painting mode dan dengan bantuan model dan teknik pencahayaan kreatif

Lihat foto lain di halaman berikutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0