Apa Saja yang Baru dari WWDC 2016?

Telset.id, Jakarta – Apple baru saja membuka perhelatan Apple Worldwide Developers Conference  (WWDC) 2016. Ajang tahunan developer ini selalu dinanti para fans Apple, karena biasanya digunakan raksasa dari Cupertino itu untuk memberikan pengumuman penting terkait produk-produk baru Apple.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada ajang WWDC 2016 ini juga dimanfaatkan Apple untuk mengumumkan beberapa produk dan layanan baru mereka. Nah, berikut ini adalah empat pengumuman penting Apple yang dirangkum Tim Telset.id dari ajang WWDC 2016:

1. iOS 10

2016-04-18-190358

iOS 10 memiliki pembaharuan besar untuk iMessage, Photos, Siri, Maps, Apple Music, dan membawah aplikasi baru yang berguna untuk mengontrol perangkat HomeKit. Versi untuk iOS developer beta sudah tersedia saat ini, sedangkan untuk public beta, rilis pada bulan July mendatang.

Siapapun dapat mendaftar untuk menguji public beta ini secara gratis, meskipun biasanya software yang masih beta selalu “menghadirkan” bug dan beberapa hal yang mengganggu. Untuk mendaftarnya, silakan untuk mendaftar di sini. Perlu diketahui, iOS 10 sendiri akan benar-benar dirilis pada bulan September mendatang.

2. macOS Sierra

MacOS Sierra

Ucapkan selamat tinggal untuk OS X, dan ucapkan selamat datang untuk macOS. Generasi selanjutnya dari sistem operasi Mac ini memiliki nama yang baru yaitu macOS Sierra yang tentunya memiliki fitur yang lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari Siri hingga Apple Pay yang terintegrasi ke iCloud Drive hingga fitur picture-in-picture yang merupakan fitur dari iPad yang paling disukai oleh penggunanya.

Seperti iOS 10, macOS Sierra akan secara resmi diluncurkan pada bulan September mendatang, namun untuk developer beta, sudah dapat dicoba saat ini. Sedangkan untuk public beta bisa digunakan pada bulan depan.

3. watchOS 3

watchos-3-activity-100665969-large

Apple Watch memang sangat membutuhkan pembaharuan yang baru, karena saat ini Apple Watch sangatlah lambat. Sepertinya watchOS 3 akan menjawab semua keluhan tentang kecepatan dengan hadirnya instant app launcher, background refresh, fitur fitnes yang baru seperti dapat berbagi aktivitas dengan teman dan juga aplikasi meditasi baru yang disebut dengan Breathe serta aplikasi perpesanan yang disebut dengan Scribble.

Sama seperti iOS 10 dan macOS Sierra, watchOS 3 sekarang tersedia bagi para pengembang untuk melakukan pengujian beta, dengan peluncuran resminya pada musim gugur mendatang.

4. tvOS 10

Apple TV siluet

Apple TV mendapatkan pembaharuan besar yaitu tvOS 10. Fitur terbesar pada OS ini adalah single sign-in yang memudahkan kita untuk berlangganan beberapa aplikasi pada satu waktu, bukan per aplikasi. Terdapat pula perbaikan pada live tune-in, dark mode, kontrol HomeKit dan pencarian pada YouTube.

Sama halnya pada watchOS 3, tvOS 10 akan diluncurkan secara resmi pada musim gugur. Dan untuk versi developer beta, sudah dapat dicoba saat ini juga.[FHP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here