Anki Bikin Robot Mirip Wall-E Bernama ‘Cozmo’

Telset.id, Jakarta – Kebanyakan orang mengenali Anki sebagai produsen terbaik untuk urusan mobil mainan. Sekarang Anki akan membuat produk terbaru yang membangkitkan kenangan kita akan film buatan Pixar yaitu Wall-E. Bukan hanya sekedar mainan, perusahaan ini membuat robot yang memang persis dengan Wall-E yang diberinama Cozmo.

Cozmo terinspirasi dari Wall-E dan Eve yang memiliki tubuh seperti Wall-E dengan tangan mekanik yang bisa mendorong, mengangkat dan memindahkan sesuatu, bahkan menarik hal-hal di sekitar. Sedangkan wajah dari Cozmo, mengingatkan kita akan Eve dengan dua mata digital berbentuk oval yang menampilkan berbagai emosi.

Tim pembuat mainan canggih ini bekerja sama dengan animator dari Pixar untuk merancang sebuah mainan robot yang tidak hanya dapat berinteraksi dengan penggunanya, tetapi dapat bergerak dan bereaksi dengan cara yang mirip seperti pada film garapan Pixar ini.

Dengan menggunakan sistem AI khusus dari Anki, perusahaan juga berhasil membuat Cozmo layaknya seperti hewan peliharaan. Mainan ini memiliki kepribadian yang sangat menyenangkan dan menggunakan built-in dari visi komputer untuk mengenali setiap orang yang memainkannya untuk bersama melakukan kegiatan atau tantangan.

AnkiKepribadian yang dimiliki Cozmo ini memang adalah salah satu yang paling luar biasa dari Anki dalam membangun sebuah mainan. Misalnya, jika kita mengganggu dan melemparkan Cozmo berulang kali, dia akan menunjukan rasa marah dan berhenti bermain dengan Anda selama beberapa saat dan akan beralih ke anak-anak yang dia kenali untuk mengobati rasa marahnya.

Bahkan, Cozmo juga bisa merapikan blok yang berantakan ketika kita tinggalkan begitu saja dengan menyusun blok tersebut. Namun ketika Anda mengganggunya saat sedang menumpuk blok, dia akan marah dan mendorong seluruh blok tersebut sambil tertawa (dia tidak bicara namun suaranya mirip dengan Wall-E).

Jika Cosmo sedang marah atau sedih, perlu beberapa waktu untuk memulihkan dirinya. Dan jika dia sudah “sembuh”, maka dia akan ceria kembali seperti semula. Sangat menyenangkan bukan.

Menurut CEO Anki, Boris Sofman, Cozmo tidak dirancang untuk menjadi mainan yang gampang depresi jika ternyata dimainkan oleh anak yang salah. Idenya Cozmo adalah untuk mendorong batas-batas dari robotika dan AI agar menciptakan pengalaman yang menyenangkan.

Saat mencoba untuk bermain dengan Cozmo, jujur kami sangat gembira. Cozmo dapat berinteraksi dengan kami saat pertama kali bertemu, dia akan belajar siapa anda atau mengingat game pertama yang kalian mainkan bersama. Benar-benar mirip seperti Wall-E.

ezgif-2047134558

Cozmo rencananya akan diluncurkan secara resmi pada bulan Oktober dan dilepas dengan harga USD 179 (sekitar Rp 2,3 jutaan). Rencananya Anki akan membuka SDK AI-nya untuk membiarkan para developer untuk membantu menciptakan lebih banyak game atau interaksi antara pengguna dan mainan. Jujur, Anki adalah mainan robot yang sangat menarik.

Anda dapat lihat aksi Cozmo yang menggemaskan dalam video di bawah ini:

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -