Amazon akan Rilis 8 Produk Baru Alexa Tahun Ini

Telset.id, Jakarta – Amazon kabarnya akan menambah portofolio produk Alexa, dengan merilis 8 produk baru di akhir tahun ini. Produk baru yang siap diluncurkan ini akan berbentuk Microwave dan seperangkat audio di mobil yang bisa dikendalikan dengan suara manusia.

Dilansir The Verge pada Senin (17/9/2018), pihak Amazon sebelumnya telah merinci beberapa perangkat pintar yang akan mereka luncurkan dalam waktu dekat.

Amazon  sendiri cukup sukses dalam industri perangkat rumah pintar. Produk Alexa Echo, Amazon Echo Plus dan Amazon Echo Dot merupakan beberapa produk Amazon yang laris terjual di pasaran.

Perangkat Echo banyak dicari oleh pengguna, karena bentuknya yang minimalis tetapi mampu diajak berbicara dan menyalakan lagu.

Pada akhir tahun 2017 lalu, CEO Amazon Jeff Bezos mengatakan jika penjualan Amazon Echo sudah melebihi 20 juta perangkat. Hal ini jauh besar ketimbang penjualan perangkat Google Home, yang “hanya” terjual 4,6 juta unit.

Baca juga: Skandal Suap di Amazon Terungkap, Data Pelanggan Terancam 

Jika melihat tren positif itu, maka tidak menutup kemungkinan jika beberapa produk baru dari Amazon yang nanti diluncurkan akan mendongkrak penjualan dari produk tersebut.

Rencana Amazon ini secara langsung akan membuat persaingan di industri perangkat rumah pintar semakin memanas. Pasalnya saat ini Amazon Alexa bersaing juga dengan Apple Siri, Google Assistant dan Microsoft Cortana yang memiliki ciri khas masing-masing.

Seperti Apple misalnya yang baru mengumumkan telah memasang Apple Siri di semua perangkat Apple, mulai dari iPhone, iPad dan Apple TV.

Sedangkan untuk Microsoft Cortana, pada awal September lalu, Miscrosoft mulai menguji produk mereka dengan Xbox One khususnya untuk di Xbox Insiders. Nantinya Anda akan dapat menyalakan Xbox One, menyesuaikan volume, memulai permainan hanya dengan suara Anda.

Baca juga: Sekolah Pendiri Amazon Jadikan Anak-Anak sebagai “Pelanggan”

Persaingan semakin ramai ketika pabrikan lain juga melirik pasar perangkat smart home. Salah satunya LG, yang telah memasang ThinQ di produk elektronik rumahan mereka, seperti TV OLED, Kulas, Mesin Cuci dan Air Conditioner.

Pada TV OLED, pengguna bisa berkomunikasi dengan memberi perintah suara ke TV  melalui remote control yang memiliki tombol khusus. Pertanyaan seperti waktu, cuaca, agenda, dan lainnya bisa dilontarkan pengguna.

Belum lagi perusahaan lain seperti GE, KitchenAid dan Samsung yang bisa menjadi pesaing baru bagi produk-produk buatan perusahaan milik Jeff Bezos tersebut. [NM/HBS]

Sumber: The Verge 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here