Tokopedia Dihack, Apa Risikonya dan Solusi Amankan Akun

Solusi Amankan Akun

Solusi paling utama adalah segera ganti password Tokopedia. Kemudian, ganti juga password dari akun online yang memiliki password sama dengan akun Tokopedia.

Password dari setiap akun yang digunakan pun tidak boleh sama satu sama lain. Jangan beralasan “sulit menghafalnya”, “ribet menghafalnya”, dan alasan lainnya.

{Baca juga: Diretas, Tokopedia Pastikan Data Pembayaran Pengguna Aman}

Analoginya, ketika Anda ingin lebih aman, maka kenyamanan akan dikorbankan. Tapi, apabila Anda ingin nyaman, keamanan yang dikorbankan. Kenyamanan di sini adalah kemudahan untuk menghafal dengan menyeragamkan password dari seluruh akun yang digunakan.

Salah satu solusi untuk mengingat password atau bahkan membuat password super sulit adalah dengan menggunakan password manager. Ada beberapa rekomendasi dari kami, seperti 1Password, Lastpass, dan Bitwarden.

Kemudian, pastikan juga menggunakan opsi 2FA atau two factor authentication dan aplikasi authenticator pihak ketiga, seperti Google Authenticator untuk memberikan otentikasi tambahan ketika login ke akun Tokopedia.

Khusus untuk e-wallet dan kartu kredit, solusi yang bisa dijalankan adalah melaporkan ke pihak developer ataupun pihak bank ketika terjadi transaksi yang mencurigakan.

5 Password Manager Terbaik 2020

Solusi utama biar akun Tokopedia dan juga akun online lainnya, seperti email, m-banking, dll, bisa aman adalah dengan mengganti password. Tapi, sangat dianjurkan untuk membuat password yang berbeda-beda setiap akun, agak susah terlacak hacker.

Kalau begitu akan banyak sekali password yang harus diingat dong? Nah, susah ingat password yang “berbeda”, adalah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa sebagian besar pengguna sering menyeragamkan password dari seluruh akun yang mereka gunakan.

Alhasil, seringkali password yang dibuat menjadi seragam atau sama untuk semua akun online. Padahal hal ini sangat tidak disarankan, karena menjadi pintu masuk yang sangat mudah bagi para hacker untuk membobol akun-akun online Anda.

Salah satu solusi untuk mengingat password yang banyak, atau bahkan membuat password super sulit adalah dengan menggunakan password manager.

Nah, bagi Anda yang juga punya alasan sama, kami akan kasih solusinya. Kami akan memberikan rekomendasi aplikasi Password Manager yang bisa Anda gunakan.

Anda bisa melihat 5 aplikasi Password Manager yang kami rekomendasikan, dan juga bagaimana cara menggunakannya dengan mengklik link di bawah ini:

{Baca juga: 5 Aplikasi Password Manager Terbaik 2020, dan Cara Menggunakannya}

Silahkan dibaca dan dicoba langsung. Mulai dari sekarang, berhati-hatilah ketika mengakses platform online ya, sob! [MF/HBS]

Related Articles

1 COMMENT

  1. halo teman-teman ayo dong jgn sampai ketinggalan untuk bergabung di https://enakmain.com/ banyak permainan menarik yang bisa kalian nikmati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -