Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

Menkominfo Rudiantara dan Alibaba GM of Singapore and Indonesia, Leon Chen/Naufal Telse.id

Telset.id, Jakarta – Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, yakni Alibaba Cloud, baru saja meluncurkan data center keduanya di Indonesia. Peluncuran data center kedua ini berjarak 10 bulan setelah peluncuran data center pertamanya di Indonesia.

Alibaba Cloud Manager of Singapore and Indonesia Leon Chen mengatakan, bahwa kehadiran dua pusat data ini menawarkan produk dan layanan yang komperhensif.

Mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri digital.

“Sejak beberapa tahun memulai bisnis di Indonesia, Alibaba Cloud kini meluncurkan data center kedua untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan mendukung misi digital Indonesia,” ucap Leon di Hotel Mulia, Jakarta Rabu (09/01/2019).

Alibaba Cloud adalah satu-satunya perusahaan global penyedia layanan komputasi awam yang memiliki data center di Indonesia.

{Baca juga: Ini Alasan Alibaba Cloud Buka Data Center di Indonesia}

Diterangkan Leon, kedua pusat data ini akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat. Dengan begitu, memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik.

“Dengan menggandakan kapasitas data center ini, kami berharap dapat membangun ekosistem komputasi awan dan mengasah kemampuan talenta-talenta Indonesia secara lebih mendalam,” ucap Leon.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang juga hadir dalam peluncuran tersebut mengatakan bahwa menyambut baik kedatangan data center kedua milik Alibaba Cloud di Indonesia, dan berharap agar nantinya bisa mengembangkan ekonomi digital di Indonesia.

“Pemerintah menyambut baik karena akan lebih kaya lagi layanan data center bagi startup di Indonesia,” ucap Rudiantara.

Pada saat sambutan Rudiantara sempat bertanya kepada pihak Alibaba Cloud terkait alasan mereka membangun data center di Indonesia. Menurutnya, tujuan Alibaba Cloud membangun data center kedua adalah murni untuk bisnis, dan pihaknya menerima jika kehadiran mereka dapat memberi dampak positif bagi Indonesia.

“Kita welcome terhadap investor yang bisa memberi nilai tambah terhadap Indonesia,” ujarnya.

{Baca juga: Alibaba Perkenalkan Teknologi AI untuk Restoran}

Pada acara tersebut, Alibaba Cloud juga meluncurkan program “Internet Champion Global Accelerator” sebagai wujud dukungan Alibaba Cloud terhadap visi “Go Digital 2020” dengan memberikan pelatihan, bimbingan dan peluang modal ventura kepada perusahan-perusahaan dan profesional.

Program yang pertama kali diluncurkan di Indonesia ini akan dibuka di Jakarta dengan memberikan gambaran tentang teknologi e-commerce kepada 300 penggiat start-up, dan perusahaan dengan menggunakan studi kasus double 11 Global Shopping Festival Alibaba Group. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here