Akhirnyaa! Warga Kuba Bisa Juga Internetan di Smartphone

Telset.id, Jakarta – Berita gembira datang bagi warga Kuba, dengan tersedianya mobile internet – untuk pertama kalinya, di negara tersebut. Itu artinya, warga Kuba kini bisa Internetan via smartphone. Pemerintah Kuba berencana akan memperluas konektivitas nasional pada akhir tahun.

Dengan tersedianya layanan ini, perangkat pengguna tertentu – terutama karyawan di kedutaan dan gerai berita yang dikelola negara – kini dapat mengakses layanan internet seluler 3G yang ditawarkan oleh ETECSA.

ETECSA sendiri merupakan operator pemerintah Kuba yang saat ini memegang monopoli atas telekomunikasi. Tidak tanggung-tanggung, operator ini memiliki hampir 5 juta pelanggan seluler di Kuba, atau sekitar setengah dari populasi negara.

Dilaporkan Developing Telecom, Kamis (19/07/2018), langkah ini adalah bagian dari prakarsa baru pemerintah yang berupaya meningkatkan konektivitas di tempat yang saat ini menjadi salah satu pasar yang paling tidak terhubung di Belahan Bumi Barat.

Hal ini terjadi baik lantaran kurangnya pendanaan pemerintah maupun embargo perdagangan yang berkepanjangan oleh AS. Disamping itu, pemerintah Kuba juga dikenal memiliki sejarah panjang dalam membatasi ketersediaan ponsel dan akses internet di seluruh negeri demi mendapatkan kontrol yang lebih besar atas komunikasi dan konten online.

Pemerintah Komunis Kuba secara efektif memiliki kendali atas media, dan sering menyelesaikan masalah dengan memblokir akses ke situs web dan layanan. Membuka konektivitas internet akan membuat informasi lebih bebas tersedia bagi rakyat Kuba, dan secara tidak langsung mengurangi kontrol negara atas apa yang dilihat oleh publik.

“Ini merupakan perubahan radikal. Saya sekarang dapat memperbarui berita dari mana pun saya berada, termasuk di mana berita itu terjadi,” kata seorang wartawan Kuba bernama Yuris Norido, tak lama setelah keputusan dibuat.

Ironis memang, karena meskipun mayoritas pengguna ponsel di Kuba memiliki smartphone, namun yang diluncurkan pemerintah Kuba saat ini barulah teknologi 3G.

Padahal, sebagian besar neraga Amerika Latin telah menggunakan 4G, dan beberapa bahkan sudah mulai menguji coba 5G. Peluncuran layanan 3G di Kuba ini dijadwalkan selesai pada akhir 2018. [IF/HBS]

Sumber : Developing Telecom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0