Adu Cepat, Mobil Otonom DevBot Kalah Telak

Mobil otonom DevBot

Telset.id, Jakarta – Mobil balap otonom besutan Roborace menuai cibiran. Bagaimana tidak, mobil bernama DevBot yang dikendalikan secara otomatis itu masih kalah cepat ketimbang dikendarai oleh manusia.

Lewat adu balap yang diselenggarakan di sirkuit Formula E di Roma, Italia, sistem mobil otonom Roborace diadu dengan kelihaian mengemudi dari pembalap pro, Ryan Tuerck.

Hasilnya, kecepatan Ryan Tuerck untuk menyelesaikan sirkuit ketika menggunakan DevBot jauh mengungguli sistem otonom yang diciptakan Roborace untuk DevBot. Dilansir dari Engadget, Tuerck tercatat lebih cepat sekitar 26 detik daripada DevBot yang dikendalikan secara otomatis.

 

Hasil tersebut bisa dibilang sedikit ironis. Sebab, sebelum uji coba dilakukan, Roborace mengklaim bahwa kombinasi visi komputer dan Light Detection and Ranging (LiDAR) di DevBot akan mengungguli kecepatan mengemudi manusia.

Baca Juga: Insiden Tabrakan Mobil Otonom Uber karena Software Error

Karenanya, merujuk hasil uji coba, Roborace pun mau tak mau meningkatkan sistem pada mobil otonom DevBot agar mampu menyamai atau bahkan mengalahkan kemampuan mengemudi manusia, termasuk agar sistem otonom DevBot layak dipakai untuk membalap.

Awal 2017 lalu merupakan cikal bakal kehadiran mobil otonom Roborace di jagat otomotif. Saat itu CEO Roborace, Denis Sverdlov dan Chief Design Officer-nya, Daniel Simon, dengan sangat bangga memperkenalkan mobil futuristik tanpa awak ke hadapan publik.

Baca Juga: Keren! MIT Bikin Sistem Mobil Otonom Anti Nyasar

Keduanya menargetkan Roborace bakal menjadi sebuah platform bagi para insinyur atau lulusan sarjana teknik terbaik di dunia untuk mengembangkan software transportasi darat di masa depan.

“Kami ingin momentum ini menjadi langkah besar dalam perkembangan teknologi mobil otonom,” ujar Sverdlov. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here