Adobe Kembangkan Teknologi Edit Foto dengan Perintah Suara

Telset.id, Jakarta – Saat ini fitur perintah suara atau voice assistant sudah dapat melakukan banyak hal, seperti mengatur jadwal meeting, set alarm, memesan Uber, mengirim pesan, hingga memesan pizza. Tapi bagaimana jika fitur ini juga bisa digunakan untuk edit foto?

Fitur perintah suara sudah berkembang sangat pesat, dan diperkirakan di masa depan fitur ini bisa melakukan tugas yang lebih kompleks. Salah satunya bisa mengedit foto dengan menggunakan fitur perintah suara. Bukan tak mungkin hal itu memang bisa Anda lakukan di masa depan.

Adalah Adobe yang akan mencoba untuk mewujudkan impian tersebut. Hal itu terungkap dalam video terbaru yang belum lama ini dirilis oleh Adobe Research, dimana dalam video itu nampak perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, dan video ini tengah menjajaki ide mengedit foto menggunakan perintah suara.

Mengingat banyaknya tools dan fitur pada software editing foto Adobe yang terkadang cukup membuat frustasi, kehadiran fitur voice assistant bisa menjadi memecahkan masalah yang selama ini dirasakan pengguna.

Menurut Adobe, tim di Adobe Research saat ini sedang mengambangkan teknologi yang mereka sebut “intelligent digital assistant photo editing”. Teknologi ini akan menggabungkan interaksi suara dengan pemahaman yang mendalam dari alur kerja (workflow) dan aspirasi kreatif pengguna

Sistem pengenalan suara atau speech recognition system Adobe mampu langsung menerima petunjuk suara pengguna untuk editing gambar, baik secara lokal melalui perangkat komputer atau melalui Natural Language understanding berbasis cloud.

Namun apakah ini tampaknya hanya sekedar konsep atau fitur yang memang akan benar-benar dihadirkan Adobe pada produk-produknya di masa depan? Memang belum ada jawaban yang pasti diberikan Adobe.

Tapi Adobe memastikan bahwa ini adalah langkah awal menuju interface berbasis suara multimodal yang memungkinkan pengguna kreatif mencari dan mengedit gambar dengan cara yang lebih mudah dan menarik menggunakan aplikasi mobile Adobe.

Anda bisa melihat video yang memperlihatkan teknologi voice assistant atau perintah suara dari Adobe Research di bawah ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here