Ada Pembaruan Google Assistant, Android P dan Aplikasi, Apa Saja?

Telset.id, Jakarta – Mei ini tampaknya menjadi bulan ajang unjuk gigi para raksasa teknologi dunia, khususnya di Amerika. Setelah beberapa hari lalu Facebook menggelar konferensi pengembang tahunan, yang menampilkan terobosan dan fitur anyar, giliran Microsoft dan Google menggelar acara serupa dalam waktu hampir bersamaan.

Microsoft Build 2018 dimulai pada Selasa lalu, sedangkan Google I/O dimulai pada Rabu, 9 Mei hingga Jumat 11 Mei. Berbeda dengan acara yang fokus pada pengenalan perangkat keras (hardware) anyar Oktober lalu, I/O lebih fokus pada perangkat lunak dan cara optimalisasi perangkat tersebut.

Nah, pada hari kedua konferensi ini, perusahaan asal Palo Alto, California, AS ini mengumumkan sejumlah pembaruan pada Google Assistant, Android P dan Aplikasi Google yang sudah ada. Apa saja pembaruan dan terobosan yang dimaksud? Berikut hasil penelusuran tim Telset.id seperti dilansir CNET,  Kamis (10/5/2018).

Google Assistant

Pesaing Amazon Echo ini rupanya sudah berumur 2 tahun. Tahun ini, fitur ini mendapat banyak kemampuan baru antara lain dapat berbicara dalam enam suara baru, termasuk John Legend,
nantinya mungkin akan lebih banyak berkomunikasi seperti yang dilakukan manusia dengan dukungan Duplex, mampu melakukan dua tindakan pada satu perintah dan melanjutkan percakapan.

Selain itu Google Assistant juga bisa melatih anak-anak untuk lebih sopan, menjadi aplikasi utama di beberapa tipe TV produksi LG, menghadirkan YouTube di Smart Displays, melakukan penyesuaian Google Routine.

Penggunanya juga bisa memesan pembelian dan berbagai macam lainnya, menampilkan JBL Link Bar yang membuat Android dan Asisten Google ke bilah suara, tidak perlu lagi “meminta” perangkat Whirlpool, menggunakan Smart Displays sebagai pengganti speaker pintar.

Google Assistant juga bisa untuk mengontrol oven, pembuat kopi dan seluruh rangkaian produk rumah pintar.

Android P
Sebenarnya Google merilis pratinjau pengembang Android P pada Maret lalu, tetapi banyak yang dapat berubah dalam beberapa bulan. Pembaruan resmi Android P kali ini diluncurkan bersama dengan beberapa fitur baru, yakni baterai adaptif untuk meningkatkan masa aktif, kecerahan otomatis yang didukung kecerdasan buatan (AI) Adaptive Brightness.

Selain itu ada App Actions yang memprediksi apa yang akan dilakukan.  Selanjutnya, Navigasi sistem baru untuk multitasking dan penggunaan satu tangan, menggunakan gerakan dan kontrol vertikal.

Yang cukup menarik adalah upaya Google untuk menjaga kesehatan digital pengguna dengan fitur mengirimkan statistik pada screentime dan yang lainnya untuk membantu memerangi kecanduan ponsel.

Untuk membantu mendorong penggunaan machine-learning dalam aplikasi, Google meluncurkan ML Kit. Aplikasi yang dirilis dalam bentuk beta ini tidak hanya bisa diakses di ponsel Google, tetapi juga pada ponsel android lain.

Aplikasi Google

Pembaruan aplikasi ini sudah otomatis terjadi pada ponsel android anda. Peningkatan pada aplikasi seluler ini antara lain Teks Maps ETA, Maps dengan lebih banyak fitur atau kemampuan, Gmail akan secara otomatis mengisi seluruh email Anda, Foto akan menyarankan tindakan Anda dengan foto dan lainnya.

Selain itu perbaikan Google News menggabungkan AI di mana saja untuk pengiriman yang lebih baik dan lebih menyeluruh dan Google Lens hadir di aplikasi kamera pada banyak ponsel non-Google, menambahkan pemilihan teks cerdas dan banyak lagi. [WS/IF]

Source Link 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here