Ada Alat “Anti Mabuk” di Mobil Otonom Apple

Telset.id, Jakarta – Walaupun kendaraan terkini rata-rata sudah cukup nyaman, karena dilengkapi pendingin ruangan (AC), kursi penumpang ergonomis dan berbagai teknologi penunjang, namun kemungkinan mabuk di perjalanan masih tetap ada.

Kemungkinan penumpang mabuk bahkan masih akan ada di kendaraan tanpa supir alias otonom. Inilah yang menjadi perhatian Apple dalam pengembangan perangkat pelengkat kendaraan otonom.

Perusahaan besutan Tim Cook itu, ternyata sudah mengantongi paten perangkat headset VR yang bertujuan mengurangi mabuk perjalanan pada kendaraan otonom.

Paten ini dikeluarkan secara resmi oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS, seperti diwartakan Engadget, Sabtu (31/3/2018).

Selain bisa mengurangi mabuk perjalanan, VR itu juga memiliki banyak fungsi lain yang dapat akan menyulap perjalanan membosankan di mobil otonom menjadi pertemuan bisnis, konser atau petualangan yang penuh semangat dan atau bahkan mengerikan (jika menonton film zombie).

Dalam paten tersebut akan ada sistem yang mencakup headset VR atau proyektor yang akan menampilkan gambar pada dinding interior kendaraan.

Baca juga: Apple Tambah Armada Mobil Otonom

Lalu bagimana caranya mengurangi mabuk? Nah, sensor gerakan dalam sistem ini dapat dapat memantau penumpang dan menentukan apakah mereka mulai merasa mual atau sakit.

Sensor ini mampu mendeteksi keringat, denyut nadi, gelisah dan menelan. Ini bisa menentukan kapan penumpang mulai menunjukkan tanda-tanda mual dan mabuk.

Sistem ini dirancang dapat menyesuaikan untuk memastikan semua gerakan dan akselerasi kehidupan nyata pengendara cocok dengan yang ditampilkan di VR.

Selanjutnya system akan menampilkan Jangkar visual untuk memberikan isyarat visual sebelum bergantian dan berhenti guna mengurangi ketidaknyamanan pengendara.

Selain fungsi tersebut, sistem VR juga bisa digunakan untuk menghibur pengendara. Misalnya membaca buku untuk penumpang dan menjadikan mobil sebagai ruang konferensi virtual, sengan menghadirkan rekan kerja yang terhubung dengan perangkat VR.

Penunggang juga bisa memilih kegiatan apa sesukanya, seperti mengambang di sungai, gantole, atau mengejar zombie. Fitur kendaraan seperti sistem pemanas, AC serta pengaturan audio dapat digunakan melalui perangkat ini untuk meningkatkan pengalaman.

Baca juga: Penampakan Mobil Otonom Apple “Project Titan”

Tapi ini belum jadi kenyataan karena baru berupa paten atau masih konsep saja. Bisa saja hasil akhirnya tidak seperti konsep awal atau jueteru lebih baik. Ini juga bukan satu-satunya paten Apple-yang berfokus pada VR. [WS/HBS]

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0