77% Pengguna Berhenti Pakai Aplikasi Setelah 3 Hari Diinstal

Telset.id, Jakarta – Tidak ada yang bisa membantah jika ada yang mengatakan masa depan ada di dunia mobile.Yup, dengan kemajuan teknologi Internet, kita dapat melakukan apa saja dalam genggaman dengan perangkat smartphone.

Aplikasi menjadi bagian integral dari kemajuan Internet. Berbagai aplikasi dibuat untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Tren ini dipercaya masih akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah semua aplikasi yang ada di perangkat smartphone benar-benar digunakan penggunanya?

Ada berapa banyak aplikasi yang sudah Anda instal di smartphone? Apakah semua aplikasi tersebut rutin Anda gunakan setiap hari? Atau hanya beberapa yang menjadi favorit dan sering Anda gunakan.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di website-nya, analis Silicon Valley Andrew Chen mengungkap bahwa rata-rata aplikasi kehilangan 77 persen dari penggunanya dalam tiga hari setelah mereka menginstalnya.

Data pengguna aplikasi

Setelah satu bulan, 90 persen pengguna akhirnya berhenti menggunakan aplikasi, dan dalam 90-hari, hanya 5 persen pengguna yang masih terus menggunakan aplikasi tertentu.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa para developer aplikasi harus memastikan pengguna mereka tetap terhubung dengan aplikasi mereka dari menit pertama sampai tiga bulan ke depan setelah aplikasi diinstal.

Chen memperoleh data melalui lebih dari 125 juta ponsel. Dan aplikasi yang digunakan untuk studi tersedia di Google Play Store yang telah didownload lebih dari 10.000 kali. Tapi dia tidak menyertakan aplikasi Google untuk studi tersebut.

Salah satu kesimpulan yang menarik dari data ini adalah bahwa aplikasi yang paling sukses adalah yang digunakan orang secara teratur, dan bisa membuat pengguna merasa tidak bisa melakukan aktifitas tanpa aplikasi tersebut. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here