5 Operator Akhirnya Rampungkan Migrasi 3G

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Proses penataan ulang kanal 3G di frekuensi 2,1 GHz oleh lima operator telekomunikasi, yakni Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Axis, dan HCPT (Tri) akhirnya bisa tuntas 100% pada hari ini.

Setelah sebelumnya Tri, Indosat dan XL telah lebih dulu menuntaskan proses migrasi 3G, pada hari ini menyusul Axis dan Telkomsel juga melaporkan telah menyelesaikan proses migrasi di semua provinsi yang menjadi kewajibannya.

Menurut Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo Gatot S. Dewabroto, pihaknya baru saja menerima laporan resmi dari PT Axis Telekom yang telah menyelesaikan retune di tiga provinsi tersisa, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Dan beberapa jam setelah mendapat laporan dari Axis, pihak Kominfo juga kembali mendapat laporan resmi dari Telkomsel yang telah menyelesaikan retune di dua provinsi yang tersisa, yakni NTB dan Yogyakarta. Dengan demikian Axis dan Telkomsel telah migrasi 100% di provinsi yang menjadi kewajiban mereka, menyusul Tri, Indosat, dan XL yang telah lebih dulu selesai.

Dengan tuntasnya proses migrasi 3G ini, pihak Kominfo menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada kelima operator 3G karena telah berhasil menyelesaikan proses migrasi lebih cepat dari batas waktu tanggal 3 November 2013.

Secara khusus, Gatot mengatakan, pihak Kominfo memberikan penghargaan yang besar bagi Axis yang di awal proses migrasi 3G sempat terjadi perdebatan panjang dengan Kominfo.

Buntut dari perdebatan itu akhirnya telah memaksa Kominfo sesuai dasar hukum dan kewenangannya harus mengambil langkah penertiban, dan bahkan sampai ada beberapa BTS Axis di Bali yang dimatikan sementara.

“Namun langkah Axis yang kemudian melakukan percepatan migrasi dan tetap patuh pada ketentuan yg ada patut dihargai,” kata Gatot dalam pesan singkatnya kepada telsetNews via BlackBerry Messenger, Senin (21/10).

Ia menegaskan, bahwa upaya tegas Kominfo saat penertiban waktu itu bukan karena kepentingan sepihak Kominfo atau karena adanya tekanan tertentu dari pihak lain, tetapi semata-mata memang untuk melaksanakan peraturan yg sudah disepakasti bersama.

“Tuntas sudah hari ini seluruh rangkaian proses migrasi 3G oleh kelima operator, dan semuanya dapat diselesaikan lebih cepat dari batas waktu tanggal 3 November,” ucap Gatot girang.

Dengan demikian proses migrasi 3G telah tuntas diselesaikan oleh kelima operator, yakni Tri telah migrasi 100% di 22 provinsi, Indosat sudah migrasi 100% di 18 provinsi, XL telah migrasi 100% di 30 Provinsi, Axis migrasi 100% di 14 provinsi, dan Telkomsel terakhir juga sudah mifrasi 100% di 33 Provinsi. [HBS]

 

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI