3 Produk Xiaomi Siap Memikat Pasar Indonesia

Jakarta – Xiaomi baru saja mengumumkan rencananya untuk masuk ke 10 pasar baru di luar Cina. Hongkong, Taiwan dan Singapura. Dan Indonesia jadi salah satu pasar yang siap disambangi Xiaomi pada tahun ini.

Well, bagi pengguna ponsel tanah air, masuknya Xiaomi tidak lebih dari bertambahnya pilihan smartphone yang bisa digunakan. Tapi bagi industri, masuknya Xiaomi bisa jadi mengancam dominasi vendor papan atas seperti Samsung, Apple, BlackBerry, HTC dan Nokia. Terlebih jika kebijakan pengenaan pajak barang mewah terhadap ponsel dengan harga di atas Rp 5 juta diberlakukan.

Seperti diketahui, Xiaomi adalah vendor yang piawai membuat ponsel dengan spesifikasi mengesankan tapi dibandrol dengan harga yang relatif murah. Harga smartphone premiumnya tidak lebih dari Rp 5 juta. Sementara vendor lain memasarkan smartphone premium di atas Rp 5 juta. Dan harga tersebut akan menjadi lebih mahal ketika pajak barang mewah diberlakukan.

So, dari sisi harga, Xiaomi kemungkinan akan mengungguli vendor papan atas lainnya. Sementara dari sisi kualitas, Xiaomi adalah salah satu vendor China yang punya standar kualitas setara dengan Apple dan Samsung. Dua keunggulan ini tentu bisa jadi modal yang cukup bagi Xiaomi untuk memikat pasar ponsel tanah air.

Berikut adalah tiga produk Xiaomi yang siap memikat pengguna ponsel di Indonesia.

Redmi

Di Singapura, Xiaomi Redmi dibandrol dengan harga sekitar Rp 1,5 juta. Harga yang terbilang murah untuk ukuran smartphone yang dilengkapi dengan prosesor quad core 1,5 GHz kembangan Mediatek. Prosesor tersebut dipadankan dengan RAM berkapasitas 1 GB dan GPU SGX544 PowerVR yang sanggup mengalirkan video HD dengan mulus.

Layar yang digunakan berjenis IPS dengan ukuran 4,7 inch dan kedalaman 312 ppi. Lengkap dengan lapisan Corning Gorilla Glass 2 untuk melindungi layar dari goresan dan benturan. Pada bagian belakang, terdapat lensa kamera dengan sensor 8 MP yang sanggup merekam video dengan kualitas Full HD.

Fitur lain yang terbilang menarik adalah kemampuan beroperasi di dua jaringan GSM pada saat bersamaan. Slot SIM pertama bisa beroperasi di jaringan 3G, sedangkan slot SIM kedua mentok di jaringan 2G. Lebih dari itu, Xiaomi Redmi hadir dengan User Interface yang khas (MIUI) serta dipersenjatai dengan teknologi penghasi suara dari Dirac Sound Technology yang lazim digunakan pada mobil mewah seperti BMW, Bentley, dan Rolls Royce. Nice!

Xiaomi Mi3
Xiaomi Mi3

Mi3

Jika Samsung punya Galaxy S5 dan Sony punya Xperia Z2, maka Xiaomi mengandalkan Mi3. Spesifikasinya tak jauh berbeda. Sudah dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 Quad-Core 2,3 GHz dan RAM berkapasitas 2 GB. Memori internalnya berkapasitas 16 GB.

Untuk layar, Xiaomi menggunakan jenis IPS dengan ukuran 5 inch. Resolusinya mencapai 1920x1080p dengan kerapatan pixel 441 ppi. Kameranya beresolusi 13 MP. Menggunakan sensor Exmor dengan aperture f/2.2. Dilengkapi dengan dual LED flash dan kemampuan merekam video dengan resolusi maksimal 1080p untuk kedua kameranya.

Sama seperti Xiaomi Redmi, Mi3 juga dilengkapi fungsi dual on GSM yang salah satu slotnya support untuk komunikasi data di jalur HSPA. Mi3 juga menanamkan dual band WiFi dan teknologi NFC. Xiaomi Mi3 hadir dengan body tipis (8,1 mm) dan dibalut lapisan aluminium-magnesium alloy. Dan yang terpenting, untuk spesifikasi mewah tersebut, Xiaomi hanya membandrolnya dengan harga Rp 3,8 juta (di Singapura).

Redmi Note

Akhir Maret lalu, Xiaomi baru saja merilis Redmi Note di pasar China. Responnya luar biasa. Hanya dalam waktu 34 menit, 100 ribu Redmi Note ludes terjual. Daya tariknya tentu saja harga dan spesifikasi tinggi.

Bagaimana tidak, untuk sebuah smartphone berlayar 5,5 inch yang dilengkapi dengan prosesor octa core 1,4 GHz atau 1,7 GHz kembangan mediatek, Xiaomi hanya membandrolnya dengan harga Rp 1,9 jutaan.

Xiaomi Redmi Note bahkan punya kamera 13 MP pada bagian belakang dan kamera 5 MP pada bagian depan. Spesifikasi kameranya pun cukup mewah. Menggunakan aperture f/2.2 dan lensa 28mm wide angle. Didukung juga dengan prosesor grafis Mali-450 yang diklaim 1,4x lebih bagus dari Mali-400.

Sama seperti Xiaomi Redmi dan Mi3, Redmi Note juga dilengkapi fungsi dual on GSM yang salah satu slotnya support untuk komunikasi data di jalur HSPA. Dan semua itu, Anda bisa dapatkan dengan harga kurang dari Rp 2 juta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI