2014, Indonesia Sudah Bisa Nikmati 4G LTE

Ilustrasi LTE di Indonesia
Ilustrasi LTE di Indonesia

Surakarta  – Penerapan teknologi seluler 4G rencananya akan mulai dijalankan secara komersial pada tahun 2018 mendatang. Namun melihat kesiapan operator yang telah melakukan trial LTE, kemungkinan rencana itu bisa lebih cepat.

“Komersialisasi LTE ancang-ancangnya baru tahun 2018, tapi Menkominfo sudah keluarkan statement LTE mungkin bisa lebih cepat,” kata Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga di sela acara Drive Test dan Media Gathering di Solo, Jumat (28/6).

Dipercepatnya kehadiran LTE di Indonesia, menurut Alex, karena LTE kini sudah komersial di 92 negara. “Mungkin LTE sudah bisa jalan mulai tahun 2014. Makanya tahun ini semua operator mulai fokus untuk trial,” jelasnya.

Alex mengungkapkan, Telkomsel sudah mendapatkan izin melakukan trial dari pemerintah di empat kota, yakni Batam, Jakarta, Bali, dan Manado. “Oktober nanti kita akan trial LTE di KTT APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) di Nusa Dua, Bali,” ujarnya.

Dalam perhelatan yang akan dihadiri oleh sedikitnya 200 negara dengan 92 diantaranya sudah mengomersialkan 4G itu, Telkomsel akan menyediakan layanan LTE di seluruh venue. Dan sebagai mitra, Nokia Siemens akan menyiapkan sekitar 20 BTS di sekitar lokasi.

“Mereka pasti pakai handset enable 4G LTE yang sebagian besar di 1.800 MHz, dan kami juga akan trial di frekuensi itu. Dan karena masih trial, aksesnya gratis. Tapi harapan kami testing trafiknya benar-benar real,” tukasnya.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua ATSI itu, melalui uji coba LTE ini Indonesia bisa belajar dari negara lain yang telah lebih dulu mengimplementasikan LTE. Saat ini, negara-negara di Amerika Utara yang paling banyak sudah lebih dulu mengkomersilkan LTE.

“Di Amerika Utara sudah banyak yang pakai LTE, sehingga pasti menarik para vendor handset.  Jadi di 2014 kita bisa jalan karena handset-nya pasti sudah ready, tinggal kapasitasnya saja ditambah,” ucap Alex.

Indonesia memiliki dua pilihan frekuensi jika menggelar 4G LTE yaitu di 1800MHz dan 700Mhz. Namun, kata Alex, belum ada keputusan pakai yang mana karena harus menunggu perkembangannya.

“Sebagian besar di dunia LTE di 1800 MHz, tapi beberapa negara ada yang di 2300MHz. Kita lihat saja nanti perkembangannya Indonesia menggunakannya yang mana,” tandasnya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0