telset

Yahoo Messenger ‘Comeback‘ dengan Wajah Baru

Yahoo Messenger baruJAKARTA – Meski sempat berjaya, namun Yahoo Messenger akhirnya tenggelam pasca kemunculan aplikasi chatting baru seperti WhatsApp, dkk. Namun Yahoo sepertinya belum patah arang. Hari ini, Jumat (4/12/2015), Yahoo Messenger ‘reborn’ dengan wajah baru dan fitur-fitur yang menarik.

Aplikasi chat paling populer di tahun 90-an ini kembali ingin mencoba peruntungannya, dan berharap bisa kembali berjaya. Tapi hal itu bukan perkara mudah, karena saat ini pasar instant messaging sudah disesaki nama-nama besar, seperti WhatsApp, Line, BlackBerry Messenger, dll.

Tentunya aplikasi yang dulu populer dengan sebutan YM ini tidak datang dengan tangan kosong. Secara tampilan, YM kini  didesain ulang sehingga sangat berbeda dengan tampilan sebelumnya. Begitupun beberapa fitur menarik sudah disiapkan di YM versi baru.

Dalam keterangan pers yang diterima telsetNews, Jeff Bonforte, Senior Vice President of Communication Product and Engineering Yahoo mengatakan, bahwa Yahoo sangat bangga bisa memperkenalkan generasi terbaru dari YM, yang diklaim memberikan kemudahan dan pengalaman baru dalam berkomunikasi.

Menurutnya, YM menjadi salah satu dari produk utama Yahoo, dan kini sudah waktunya untuk didesain ulang dari awal. Yahoo kembali berinvestasi pada salah satu produk terpenting dalam sejarah perusahaan.

“Layanan berbagi pesan sudah tumbuh secara mengesankan, tetapi pada akhirnya orang menginginkan cara yang cepat dan mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Layanan Yahoo Messenger baru ini didesain guna memenuhi kebutuhan tersebut. Ini hanya awal dari yang akan datang,” ujar Jeff Bonforte.

Dia menyebutkan, bahwa roadmap Yahoo Messenger yang baru akan menghadirkan jenis konten baru, jenis interaksi baru di antara pengguna dan integrasi messaging dengan produk Yahoo lainnya. Perusahaan menciptakan ekosistem messaging di dalam Yahoo.

YM versi baru ini diluncurkan untuk versi mobile di platform Android dan iOS, serta versi Yahoo Mail untuk desktop. Versi baru YM ini diklaim lebih cepat dalam berkirim pesan, berbagi foto, serta mengunggah.

Berikut ini beberapa fitur menarik yang dihadirkan pada YM versi baru:

Berbagi foto dengan cepat dan Mudah

Fitur berbagi foto di YM cukup menarik, karena selain bisa mengirim foto dari album atau camera roll di smartphone, Anda juga bisa mengirimkan foto yang diambil dari Flickr dengan jumlah hingga ratusan. Foto-foto yang Anda bagikan ditampilkan dalam sebuah photo drawer yang digulirkan secara horizontal, sehingga dapat dilihat sesuai konteks percakapan tanpa mengganggu konteks pembicaraan.

Mencari dan berbagi animasi GIF

Tak hanya mengandalkan emoticon yang statis, YM versi baru ini juga dilengkapi fitur untuk mencari dan berbagi animasi GIF yang sesuai keinginan Anda. Didukung oleh Tumblr,  Anda hanya tinggal mengklik tombol GIF di dalam kotak pesan yang membuka kolom pencarian GIF sekaligus menampilkan koleksi GIF populer di Tumblr.

Membatalkan Pesan, Foto, dan GIF

Hal yang kadang sedikit memalukan pada saat chatting adalah salah mengirimkan pesan. Kini di YM Anda bisa menghindarinya dengan fitur unsend. Hany cukup dengan menyentuh sebuah pesan, foto, atau GIF dan pilih “Unsend” untuk membuangnya dari sebuah percakapan, tidak hanya di layar Anda, tetapi juga di layar teman chat Anda. Hal memalukan pun hilang.

Tombol ‘Like’ untuk kiriman foto

Mengadopsi fitur ‘like’ di jejaring sosial berbagi foto, YM pun kini memungkinkan Anda untuk melakukannya. Anda dapat memberikan ‘like’ saat mendapat kiriman foto dari keluarga atau teman di YM. Anda bisa langsung menandai “like” pada foto atau GIF yang dikirim, tanpa repot harus mengetik komentar.

Kenyamanan Account Key

Pengguna Yahoo Messenger di desktop (baik web atau Yahoo Mail versi desktop) dapat menikmati fitur Account Key, yang menggunakan push notifications untuk memberikan akses cepat dan aman ke akun Anda dari aplikasi mobile Yahoo Messenger. Anda akan terbebas dari keharusan menghafal password yang rumit dan membuat proses sign-in semudah menyentuh sebuah tombol.

Ketersediaan

Yahoo Messenger tersedia secara global hari ini di Apple App Store dan Google Play, juga di internet. Yahoo Messenger di Yahoo Mail versi desktop juga dapat dinikmati mulai hari ini. Aplikasi ini baru tersedia dalam bahasa Inggris, namun akan segera hadir dalam bahasa lainnya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0