10 Fakta Mengerikan Dampak Kecanduan PUBG Mobile

PUBG Mobile

Telset.id – Siapa sih yang tak mengenal game Player Unknown Battle Ground atau PUBG Mobile? Game perang Android yang satu ini begitu populer dan banyak dimainkan oleh berbagai kalangan. Tapi di balik itu, ada dampak mengerikan kecanduan PUBG Mobile.

Meski termasuk ke dalam salah satu game Android terbaik, game PUBG Mobile dianggap memiliki unsur kekerasan yang sangat tinggi.

Hal ini terlihat dari konsep gamenya yang mempertemukan 100 pemain dalam satu maps untuk saling menembak menggunakan senjata. Siapa yang bisa bertahan hidup sampai akhir, dialah yang menjadi pemenangnya.

Karena dianggap berbahaya, Ulama Indonesia beberapa waktu lalu sempat mengeluarkan fatwa haram untuk game PUBG. Bahkan tak sedikit juga kasus mengerikan terjadi akibat bermain PUBG.

Lalu seperti apa dampak kecanduan PUBG Mobile? Berikut ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Telset.id berikut ini:

1. Bunuh diri

bahaya main pubg

Di beberapa negara, PUBG Mobile dilarang untuk dimainkan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah India. Namun alih-alih menyelematkan warganya agar tidak kecanduan game PUBG, kebijakan yang dibuat pemerintah India ini justru mamakan korban.

Dilansir Telset.id dari Gizmochina pada Selasa (08/09/2020), seorang remaja berusia 21 tahun bernama Pritam Halder ditemukan tewas gantung diri di kamarnya.

Ibu Halder menduga kematian anaknya dikarenakan frustrasi tidak bisa bermain PUBG akibat larangan yang diberlakukan pemerintah India.

Kasus lain, seorang remaja 16 tahun yang tinggal di wilayah Ahmedabad India juga tewas bunuh diri setelah sang ayah menyita ponselnya. Alasan ayah menyita ponselnya dikarenakan sang anak terlalu sering bermain PUBG.

2. Gangguan mental

dampak buruk main game berlebihan

Seorang pria yang berprofesi sebagai fitness trainer dikabarkan mengalami gangguan mental akibat kecanduan PUBG. Pria tersebut tidak bisa lepas dari game tembak-tembakan itu.

Menurut media UNI India, pelatih fitnes yang tidak disebutkan namanya ini selalu bermain PUBG Mobile selama 10 jam non stop setiap harinya. Akibat kecanduannya ini, ia pun dilarikan ke rumah sakit setelah mencoba menyakiti dirinya sendiri.

3. Ditebas pedang oleh pacar

dampak negatif kecanduan game

Kasus lain yangg tak kalah mengerikan dialami oleh pria bernama Alex Lovell. Menurut surat kabar The Oreganian, Alex dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami luka di bagian lengan dan jari setelah ditebas oleh kekasihnya sendiri menggunakan pedang.

Emily, sang kekasih menyebutkan alasan mengapa ia tega melakukan hal tersebut kepada Alex. Ia merasa kesal karena Alex terlalu sibuk bermain PUBG Mobile dan tak pernah memperhatikan dirinya.

4. Meninggalkan istri dalam keadaan hamil

playerunknown's battlegrounds

Hal yang tak kalah menghebohkan juga terjadi di India. Seorang pria merasa kesal karena keluarga dan istrinya selalu mengganggu waktunya saat bermain PUBG.

Konyolnya, karena merasa terusik, pria yang tidak disebutkan identitasnya ini pun tega meninggalkan rumah termasuk istrinya yang sedang dalam keadaan mengandung.

5. Tak sengaja bunuh teman sendiri

dampak kecanduan bermain game

Seorang pria berusia 22 tahun tewas tertembak shotgun oleh temannya sendiri. Kejadian ini bermula saat sekelompok remaja menginap di salah satu rumah temannya. Di rumah tersebut, mereka menemukan sebuah shotgun.

Melihat senjata yang biasa mereka gunakan di dalam game, para remaja ini pun merekam aksinya dengan bergaya ala karakter PUBG. Namun sayangnya, shotgun yang digunakan ternyata masih berisi peluru dan secara tak sengaja menembak salah satu temannya.

6. Tidak naik kelas

fakta mengerikan pubg

Kasus lain menyebutkan seorang siswa mengalami kecanduan bemain game PUBG Mobile selama satu tahun penuh. Melihat perilaku anak yang tak beres, sang ayah pun merasa anaknya sudah terlewat batas dalam bermain game. Kemudian ia menyita ponselnya agar sang anak berhenti bermain game.

Namun setelah ponselnya disita, sikap sang anak pun berubah menjadi lebih kasar dan emosinya menjadi tak terkontrol. Hal ini berdampak pada nilai akademik sehingga membuatnya tidak naik kelas.

7. Lompat dari gedung

efek buruk main pubg

Pada tahun 2018 lalu, seorang anak di China dikabarkan meninggal dunia setelah melompat dari lantai 4 apartemen kakeknya.

Setelah diselidiki, sang Ibu menduga bahwa kematiannya anaknya ini terinspirasi dari game PUBG Mobile. Di mana di dalam gamenya, pemain harus melompat dari pesawat untuk terjun menemukan titik strategis dalam berperang.

Sang Ibu berpikir demikian dikarenakan sang anak intens bermain PUBG dalam beberapa waktu belakangan ini.

8. Menggugat cerai istri

pubg mobile haram

Bisa bermain PUBG Mobile bersama pasangan mungkin jadi keseruan sekaligus impian tersendiri bagi sebagian laki-laki. Namun nyatanya tidak demikian. Sepasang suami istri yang memiliki hobi bermain game ini bercerai setelah terjadi perselisihan saat tengah bermain PUBG.

Hal ini bermula saat sang suami meminta bantuan revive kepada istrinya karena tertembak musuh. Namun sang istri justru memilih untuk me-revive orang lain dibandingkan dirinya. Karena merasa kesal, sang suami pun menggugat cerai istrinya.

9. Diare hingga meninggal dunia

dampak kecanduan main game
In the Hospital Sick Male Patient Sleeps on the Bed. Heart Rate Monitor Equipment is on His Finger.

Seorang remaja berusia 16 tahun asal Andhra Pradesh, India dilaporkan meninggal dunia setelah bermain game battle royale, PUBG selama berhari-hari tanpa henti.

Remaja yang tidak disebutkan identitasnya ini ditemukan dalam kondisi dehidrasi parah di dalam kamarnya. Hal ini dikarenakan ia terlalu asyik bermain PUBG sampai rela tidak makan dan minum selama berhari-hari.

Melihat kondisi anaknya, anggota keluarga pun langsung membawanya ke rumah sakit. Setibanya di rumah sakit, sang anak didiagnosa mengalami diare akut dan nahas nyawanya pun tidak bisa diselamatkan.

10. Membunuh guru

dampak mengerikan PUBGM

Pelajar asal Mesir bernama Seif el-Din ditangkap oleh pihak kepolisian dikarenakan terbukti telah membunuh gurunya sendiri. Setelah diselidiki, motif pembunuhan yang dilakukan remaja ini dikarenakan terinspirasi karakter di dalam game PUBG.

Melihat kejadian ini, pemerintah Mesir pun mempertimbangkan untuk memblokir game PUBG Mobile agar kejadian serupa tidak terulang. [RP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here