telset

Xbox One X, Konsol Next Gen Paling Bertenaga

Telset.id, Jakarta – Microsoft nampaknya tengah serius untuk merebut kembali tahta konsol terbaik dari PlayStation dengan PS4 Pro. Hal ini ditunjukkan Microsoft dengan memamerkan konsol paling bertenaga mereka saat ini, yakni Xbox One X di ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2017.

Melansir dari laman Techpowerup, cara Microsoft untuk merebut tahta tersebut dengan melakukan ‘tweak’ habis-habisan terhadap konsol Next Gen pertama mereka, yakni Xbox One.

Microsoft menyematkan prosesor terbaru hasil kolaborasi dengan AMD di konsol tersebut. Raksasa perangkat lunak ini mengatakan bahwa prosesor yang mereka gunakan merupakan prosesor semi-custom dengan basis prosesor TSMC 16 nm FinFET dengan arsitektur ‘Jaguar’.

Microsoft me-setting kecepatan prosesor dengan delapan inti ini di angka 2,30 GHz, sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan PS4 yang ada di angka 2,10 GHz dengan arsitektur yang sama.

Tak cukup sampai di situ, Microsoft juga mengklaim bahwa chipset ini dapat meningkatkan kinerja GPU hingga empat kali dari generasi sebelumnya. Ditambah lagi, GPU yang dipercaya mengadopsi VGA Polaris AMD tersebut di-setting pada kecepatan 1172MHz, dengan kemampuan sekitar 40 GCN.

Selain itu, perusahaan yang didirikan Bill Gates ini juga melakukan upgrade di sektor RAM mereka. Mereka menyematkan RAM GDDR5 sebesar 12GB yang digunakan untuk CPU dan GPU dari konsol tersebut dengan kecepatan bandwidth hingga 326 GB/s.

Namun, apa artinya spesifikasi tersebut? Penjelasan mudahnya adalah konsol ini dapat menghadirkan gameplay yang sebelumnya dipercaya hanya dapat diraih dari PC gaming seharga hampir ratusan juta rupiah, yakni menampilkan gameplay 4K di refresh rate 60Hz.

Untuk harganya sendiri, Microsoft pun menawarkan harga yang sangat menarik, yakni seharga USD 499, atau sekitar Rp 6,7 juta. Jika dibandingkan dengan harga penjualan awal Xbox One dengan harga yang sama, maka konsol ini memiliki rasio harga per performa yang sangat baik.

Jadi, apakah menurut Anda Microsoft layak merebut tahta konsol terbaik dari PlayStation 4 Pro? Tuliskan komentar Anda di bawah ini! [NC/HBS]

 

 

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0