“Tompel” Galaxy S10 Bisa Dihilangkan, Begini Caranya

Telset.id, Jakarta – Trio Samsung Galaxy S10 tampil dengan desain Infinity O dengan layar berteknologi Dynamic AMOLED. Dengan teknologi itu, smartphone flagship terbaru Samsung memiliki layar dengan lubang kamera atau “tompel” di kanan atasnya untuk memaksimalkan rasio layar terhadap body-nya.

Bagi sebagian orang mungkin desain tersebut terlihat berbeda daripada smartphone yang masih saja mengusung desain berponi atau notch. Tapi untuk sebagian lainnya, bisa saja lubang kamera tersebut dinilai cukup mengganggu tampilan layar.

Pertanyaannya sekarang, apakah “tompel” Galaxy S10 bisa dihilangkan? Bagaimana cara hilangkan tompel di lcd HP Galaxy S10?

Menurut SamMobile, seperti dilansir Telset.id pada Sabtu (23/02/2019), lubang kamera di Galaxy S10 dapat disembunyikan dengan sejumlah penyesuaian pada pengaturan layarnya.

{Baca juga: Performa Galaxy S10+ Masih Kalah dari iPhone XS}

Cara Menghilangkan Tompel di Layar HP Galaxy S10

Untuk dapat menyembunyikannya, pengguna harus masuk ke Settings, kemudian akses menu Display, dan pilih Full Screen Apps.

Lalu, aktifkan opsi Hide Front Camera, yang membuat sistem secara otomatis menambahkan bar berwarna hitam pekat di bagian atas layar. Fitur ini bisa dibilang hampir sama dengan mode yang bisa menyembunyikan notch pada sejumlah smartphone.

cara menghilangkan tompel di layar hp

Sebab, dengan mengaktifkan fitur tersebut, maka bezel bagian atas akan menjadi lebih tebal. Selain itu, aspek rasio layar pun menjadi mengecil, dan berdampak pada penampilan aplikasi atau konten yang otomatis mengikuti batasan bezel yang ada.

{Baca juga: Kualitas Kamera Galaxy S10+ Setara dengan Mate 20 Pro}

Sekadar informasi, Galaxy S10 mengusung layar berukuran 6,1 inci dengan adanya “lubang kamera” di kanan atas layar. Sementara S10+, punya layar lebih besar berukuran 6,4 inci dengan lubang kamera berbentuk pil di posisi yang sama.

Begitu pun juga dengan Galaxy S10e. Smartphone “versi murah” ini juga punya layar 5,8 inci berdesain fullscreen dengan adanya lubang kamera di kanan atas layarnya yang datar.

Untuk dapur pacunya, Samsung menyematkan prosesor yang sama untuk ketiganya, yakni Snapdragon 855 atau Samsung Exynos terbaru. Dibekali juga dengan RAM 8 GB dan 12 GB, dan ROM 128 GB, 512 GB, dan 1 TB khusus untuk Galaxy S10+.

{Baca juga: Samsung Galaxy S10 vs iPhone XS: Adu Kuat Flagship “Zaman Now”}

Sementara untuk kameranya, Galaxy S10 dan S10+ punya kamera masing-masing 12 MP lensa wide, 12 MP lensa telephoto, dan 16 MP lensa ultra-wide 123 derajat, dan kamera depan beresolusi 10 MP lensa wide untuk S10 dan 10 MP dan 8 MP lensa RGP depth untuk S10+.

Lalu untuk S10e, tetap menerapkan kamera ganda di bagian belakangnya yang memadukan konfigurasi lensa wide dengan lensa ultra-wide. Sama dengan S10, smartphone ini juga memiliki satu kamera dengan lensa wide.  (FHP)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0