Samsung Galaxy S10 vs iPhone XS: Adu Kuat Flagship “Zaman Now”

Telset.id – Samsung baru saja mengumumkan smartphone flagship terbarunya, Samsung Galaxy S10Smartphone tersebut bisa dibilang sebagai sebuah breakthrough dari Samsung, berkat teknologi, fitur, sampai desain yang benar-benar berbeda daripada seri sebelumnya.

Bahkan menurut Apple Insider, seperti dikutip Telset.id pada Jumat (22/02/2019), Samsung Galaxy S10 dapat membuat terkesan para pengguna setia iPhone saat smartphone itu diperkenalkan. Tapi benarkah?

Well, kali ini tim Telset.id akan mencoba membandingkan smartphone andalan terbaru Samsung itu dengan smartphone flagship Apple, yakni iPhone XS.

{Baca juga: Trio Samsung Galaxy S10 Resmi Diperkenalkan}

Kami akan membandingkan dari sisi desain, spesifikasi, serta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Socheck this out!

Desain

Foto: PCMag

Samsung dengan berani mengubah desain Galaxy S10 menjadi lebih berbeda daripada seri sebelumnya. Seperti bagian depan misalnya, Samsung mengusung desain fullscreen berkat penggunaan “lubang kamera” di kanan atas layarnya.

Ini menjadi sebuah peningkatan, apabila kita melihat desain dari Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S9 yang masih memiliki bezel yang cukup tebal.

Begitu juga dengan bagian belakangnya, Samsung kini meletakkan frame kamera utama secara horizontal dan memanjang. Frame kamera itu sendiri menjadi tempat bagi tiga kamera utama, LED Flash, dan juga sensor detak jantung.

Sementara iPhone XS, desainnya masih nyaris sama persis dengan seri sebelumnya, iPhone X. Nyaris tidak ada ubahan yang berarti, seperti tetap ada notch atau poni di bagian atasnya.

{Baca juga: Resmi! Samsung Galaxy Fold Diluncurkan dengan Dua Layar}

Desain yang sama juga diaplikasikan Apple bada body bagian belakang smartphone. iPhone XS punya bahasa desain yang mirip dengan iPhone X, termasuk dalam hal ukuran layarnya yang sama-sama sebesar 5,8 inci.

Nah, berbicara soal layarnya, Samsung Galaxy S10 mengusung layar dengan teknologi Dynamic AMOLED dan beresolusi Quad HD+ dengan ukuran 6,1 inci. Samsung menjamin kualitas layar smartphone flagship terbarunya itu, karena didukung oleh teknologi HDR10+.

Sekadar informasi, HDR10+ akan membuat para pengguna tetap dapat melihat konten secara maksimal pada layar, meski berada pada kondisi matahari yang bersinar terik. Selain itu, smartphone ini pun telah mendukung teknologi keamanan bernama Ultrasonic Fingerprint yang ditanamkan di bawah layarnya.

Teknologi ini dibantu oleh sistem Anti Spoofing, untuk mengamankan smartphone pengguna dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kedua teknologi inilah yang bisa jadi membuat para pengguna iPhone XS sedikit iri.

Spesifikasi

Foto: Geeky Gadgets

Dalam hal dapur pacu, kedua smartphone tersebut sama-sama ditenagai oleh SoC dengan proses fabrikasi 7nm. Samsung Galaxy S10 ditopang oleh prosesor Snapdragon 855, RAM 8 GB dan 12 GB, ROM 128 GB, 512 GB, dan 1 TB khusus untuk Galaxy S10+, dan baterai berkapasitas 3,400 mAh.

Sedangkan iPhone XS, ditenagai oleh prosesor Apple A12 Bionic, RAM 4 GB, ROM 64 GB, 256 GB, dan 512 GB, serta baterai berkapasitas 2,658 mAh. Bagaimana dengan performanya, apabila melihat berdasarkan perolehan skor di Geekbench misalnya?

Memang hasil benchmark dari Samsung Galaxy S10 belum diketahui. Namun berdasarkan pengujian yang dilakukan Apple Insider pada smartphone dengan Snapdragon 855, mereka mendapatkan skor 3.500 dalam pengujian single-core dan 11.200 untuk pengujian multi-core.

Skor tersebut tertinggal jauh dari yang didapatkan oleh iPhone XS. Sebab, smartphone tersebut memiliki skor single-core sebesar 4.800 dan multi-core sekitar 11.450.

{Baca juga: iPhone Xr, iPhone Xs, dan iPhone Xs Max, Apa Bedanya?}

Membahas soal kameranya, Galaxy S10 punya tiga kamera utama, dengan masing-masing beresolusi 12MP lensa wide, 12MP lensa telephoto, dan 16MP lensa ultra-wide 123 derajat. Kamera utama tersebut dimungkinkan untuk mengambil video dengan kualitas HDR10+.

Sedangkan kamera depannya, Galaxy S10 punya satu kamera dengan resolusi 10MP lensa wide. Sementara untuk iPhone XS, punya kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 12MP lensa wide-angle aperture f/1.8 dan 12MP lensa telephoto aperture f/2.4 dengan 2x optical-zoom. Lalu kamera depannya “hanya” beresolusi 7MP saja.

Fitur

Foto: Trusted Reviews

Ada beragam fitur yang ditawarkan keduanya, namun kami memilih untuk membandingkan fitur keamanan serta pengisian dayanya saja. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Galaxy S10 sudah mendukung teknologi keamanan bernama Ultrasonic Fingerprint yang ditanamkan di bawah layarnya yang dibantu oleh sistem Anti Spoofing.

Sementara iPhone XS, memiliki Face ID yang disematkan pada komponen TrueDepth Camera pada notch atau poni di atas layarnya. Teknologi ini, dapat digunakan pengguna untuk melakukan otentikasi keamanan ketika memanfaatkan Apple Pay atau Safari Autofill.

Samsung Galaxy S10 telah didukung oleh teknologi wireless charging, yang diklaim punya kecepatan pengisian lebih baik 36% daripada seri sebelumnya. Selain itu, smartphone ini pun disematkan teknologi reverse wireless charging, yang membuatnya bisa berfungsi sebagai wireless charging pad.

Teknologi ini nantinya memungkinkan pengguna mengisi daya perangkat dengan teknologi wireless charging, dengan meletakkannya di atas body belakang Galaxy S10.

{Baca juga: Lebih Mahal, Segini Harga iPhone XS di Indonesia}

iPhone XS juga sudah memiliki teknologi pengisian baterai nirkabel itu. Namun sayangnya, smartphone ini belum dibekali teknologi reverse wireless charging. Mungkin saja, Apple bakal menghadirkan teknologi itu pada seri iPhone selanjutnya.

Well, bagaimana menurut Anda? Dengan harga berkisar Rp 12,9 jutaan untuk Samsung Galaxy S10 dan Rp 20,4 jutaan untuk harga minimum iPhone XS, manakah yang lebih menarik perhatian Anda? (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0