Tips Mengakses Data Ketika Layar Ponsel Pecah

Telset.id, Jakarta – Musibah terkadang datang tanpa disengaja dan bisa terjadi di manapun. Begitu juga dengan perangkat ponsel pintar Anda, bisa kapan saja mengalami “musibah”. Seperti misalnya layar ponsel pecah karena terjatuh ke lantai. Tentu saja hal ini membuat kita pusing bukan kepalang.

Jika sudah begini, pastinya semua file yang ada di ponsel, mulai dari foto hingga file penting tidak bisa diakses. Eitss.. jangan bersedih dulu, karena Telset.id punya cara mengambil data dari HP dengan LCD rusak.

Penasaran bagaimana cara menyelamatkan data Anda? Nah, silahkan simak tips menyelamatkan data saat layar ponsel pecah yang telah kami lansir dari laman Androidpit berikut ini:

{Baca Juga: Aturan IMEI Berlaku, Kominfo Berikan Tips Aman Beli HP}

1. Jika Layar Ponsel Masih Menyala

cara mengambil data di hp yang layarnya rusak
android pit

Apa bila kerusakan layar ponsel hanya sekedar pecah bagian luar tanpa merusak layar keseluruhan, maka proses pemindahan data dapat dilakukan dengan cukup mudah. Caranya, Anda dapat menggunakan fitur USB OTG yang dimiliki oleh ponsel pintar Anda.

Caranya adalah dengan menyambungkan perangkat tetikus ke kabel OTG. Kemudian, colokkan kabel OTG tersebut ke slot USB ponsel Anda.

Setelah itu, Anda dapat menavigasi ponsel dengan menggunakan tetikus dan mengakses file dari file explorer. Setelah masuk, Anda bisa memindahkan data seperti file foto dan dokmen penting lainnya ke penyimpanan eksternal

Kemudian, Anda tinggal keluarkan memori eksternal dari ponsel dan mulai menyalin data ke tempat lainnya seperti komputer dan lainnya.

{Baca Juga: Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP}

2. Jika Layar Ponsel dalam Keadaan Mati

cara mengambil data dari hp yang layarnya mati
pexel

Jika kerusakan layar sudah mencapai kondisi layar mati, cara pertama tidak dapat dilakukan. Namun, ada cara lainnya yang patut untuk dicoba, yakni dengan menggunakan program Virtual Network Computing (VNC).

Beberapa contoh dari layanan VNC ini adalah AirDroid atau menggunakan aplikasi Vysor. Kedua aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store di ponsel Anda.

Namun perlu diingat, untuk bisa memakai cara ini, sebelumnya Anda harus memasang aplikasi ini di ponsel dan komputer Anda. Jadi tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi VNC sebelum kejadian tak diinginkan terjadi.

Nah setelah terpasang, Anda tinggal mengkoneksikan ponsel pintar Anda dengan komputer. Setelah itu, Anda dapat melakukan pemindahan data dari memori internal ponsel ke memori eksternal, atau dengan menggunakan versi pro Anda bisa langsung memindahkan data ke tempat lain.

{Baca Juga: 10 Aplikasi Screen HP Android Terbaik dan Gratis!}

3. Cara Terakhir, Bawa ke Layanan Purna Jual

service hp yang layarnya rusak
citymac

Jika kedua cara di atas masih tidak mampu untuk mengembalikan data Anda, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mendatangi layanan purna jual. Dengan cara ini, Anda memang merogoh kocek yang cukup dalam.

Namun dengan mendatangi layanan purna jual, Anda akan mendapatkan data secara utuh tanpa harus takut data tersebut dicuri oleh pihak tak bertanggung jawab.

Pilihan lainnya adalah pergi ke lokasi service tidak resmi terdekat. Meskipun lebih murah, namun resiko akan data yang dicuri akan meningkat. [NC/HBS]

Previous articleNokia akan Rilis 5 Smartphone Baru, Ini Daftarnya
Next articleRealme Watch S Pro Resmi Dijual di Indonesia, Harga Sejutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here