Categories: HOW TO

Cara Mudah Kloning Data Antar Smartphone Android

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id – Memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone yang baru merupakan tugas yang cukup merepotkan. Sebab, biasanya pengguna memerlukan perangkat tambahan, seperti laptop agar mereka bisa memindahkan data-data penting ke smartphone yang baru.

Semua data penting bisa dipindahkan dengan mudah, seperti foto, musik, dokumen, kontak telepon, hingga riwayat panggilan, SMS dan lainnya. Proses pemindahkan data antar smartphone Android tidak perlu dibuat repot lagi.

{Baca Juga: Cara Backup Kontak di Smartphone Android}

Bagi Anda yang baru membeli smartphone baru, cloning data Android lama ke smartphone Android baru jadi lebih mudah dilakukan.

Itu karena, Tim Telset.id bakal memberikan cara kloning data antar HP Android atau memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone yang baru dengan mudah. Yuk simak!

Cara Cloning HP Android dengan Aplikasi CLONEit

Cara kloning HP Android yang kami bahas di sini adalah denagn aplikasi CLONEit. Langsung saja simak cara menggunakan aplikasi CLONEit untuk kloning ponsel Android:

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah, install aplikasi CLONEit dari Google Play Store pada kedua smartphone Anda.

  • Lalu, jalankan aplikasi tersebut. Di halaman utama, Anda akan mendapatkan dua opsi, yakni Sender dan Receiver.

  • Sender dikhususkan untuk smartphone yang bakal mengirimkan data-data yang akan dipindahkan. Sedangkan Receiver, adalah smartphone yang nantinya akan menerima data-data tersebut.
  • Nantinya, smartphone Receiver akan melakukan pemindaian terhadap smartphone Sender. Tekan smartphone Sender apabila muncul dalam hasil pemindaian.
  • Jika sudah, smartphone Receiver diwajibkan untuk memindai QR Code yang muncul pada smartphone Sender (khusus untuk smartphone di atas Android 7.1 Nougat).

  • Ketika proses pairing sukses, maka akan muncul berbagai data yang bisa Anda kloning atau pindahkan ke smartphone.

  • Sebagai contoh, kami memilih untuk memindahkan riyawat panggilan telepon dengan menekan tombol Call Log.
  • Tunggu beberapa saat, otomatis data riwayat panggilan akan dikloning ke smartphone baru Anda.

Demikian cara kloning data antar smartphone. Dengan cara ini, Anda yang membeli HP baru tak lagi perlu repot memindahkan data satu per satu, yang melelahkan dan merepotkan.

{Baca Juga: Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone, Cepat dan Simpel!}

Bagaimana, mudah kan caranya untuk memindahkan data dari smartphone Android lama ke smartphone yang baru? Yuk segera coba dan semoga berhasil! (FHP)

Leave a Comment